Mahasiswi UMI Tewas saat Pengaderan Senat, Ini Klarifikasi Pihak Kampus

FKM UMI Makassar - (foto by dok CELEBESMEDIA.ID)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Wakil Dekan III bagian kemahasiswaan, Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Muslim Indonesia (UMI), Multazam membantah mahasiswi  Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) UMI meninggal akibat kekerasan fisik yang terjadi saat kegiatan pengaderan.

" Tidak ada luka pada bagian tubuh korban, saya kemarin ikut melayat ke Maros dan almarhumah tidak ada bekas luka fisik," ucapnya kepada CELEBESMEDIA.ID, Senin (25/7/2022).

Ia juga menegaskan tidak ada korban lain akibat pengkaderan tersebut, hanya ada mahasiswa yang sempat lemas dan capek saat kegiatan kegiatan pengaderan Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) UMI di Embun Pagi lingkungan Butta Toa, Kelurahan Buluttana, Kecamatan Tinggimoncong, Kabupaten Gowa Minggu (24/7/2022). Namun mereka sudah dikembalikan ke rumahnya masing-masing.

" Hanya satu korban, lemas aja capek tapi sudah kembali ke rumahnya masing-masing," ucapnya

Meski demikian Mutazam mengatakan untuk sementara waktu dilakukan pembekuan pada kegiatan senat mahasiswa FKM UMI. Saat ini pihak kampus UMI Makassar masih menunggu investigasi dari pihak kepolisian.

"Saat ini polisi terus bekerja untuk mencari bagaimana kronologis yang sebenarnya terjadi dilapangan" ujarnya.

Kegiatan yang dilakukan oleh senat FKM UMI kata Mutazam merupakan kegiatan resmi dan telah memenuhi berbagai macam pengurusan baik administrasi maupun izin dan  telah disetujui oleh pimpinan kampus.

"Mereka sudah mulai tahapan perizinan usulan dari lembaga ke fakultas setelah dari situ lengkap administrasi dan izin-izinnya kemudian diteruskan ke pihak universitas, universitas yang berikan rekomendasi kegiatan, dan diteruskan ke  Pemda setempat. Izin bupati dan izin camat semua sudah ada." Jelasnya.

Sebelumnya diberitakan seorang mahasiswi Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar meninggal dunia saat mengikuti pengkaderan senat (BEM) di Malino, Kabupaten Gowa, Minggu (24/7/2022) dinihari.

Kapolsek Tinggimoncong, AKP Jumadi membenarkan insiden meninggalnya mahasiswi UMI tersebut. Jumadi juga mengungkapkan korban yang meninggal merupakan mahasiswi Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) UMI Makassar bernama Zhafirah Azis Syah Alam (20).

(Laporan Ardi Jaho)