Tuntut PPKM Segera Dihentikan, Ratusan Pendemo Blokir Jalan Sultan Alauddin

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Koalisi Perjuangan Pemuda Mahasiswa (KPPM) melakukan unjuk rasa di jalan Sultan Alauddin, Makassar, Jumat sore (3/9/2021).

Ratusan pendemo memblokir jalan Sultan Alauddin dengan menggunakan 5 mobil kontainer yang mengakibatkan kemacetan cukup panjang. Kendaraan dari arah Gowa menuju Makassar dan sebaliknya tidak bisa melintas.

Dalam orasinya, KPPM menuntut pemerintah menghentikan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) karena dianggap cacat administrasi atau hirarki perundang-undangan yang tidak jelas.

KPPM menolak tegas PPKM sehingga harus diberhentikan karena tidak memperdulikan kebutuhan sandan dan pangan masyarakat.

"Ketika PPKM tidak diberhentikan maka KPPM akan kembali melakukan aksi demonstrasi dengan gerakan yang lebih massif," tegas Jendral Lapangan (Jendlap), Imran Fajar.

"Tidak hanya PPKM, vaksinasi yang dijadikan syarat administrasi melanggar hak asasi manusia juga UU No. 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik, sehingga kami menolak keras hal ini sekaligus mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk sama-sama menolak vaksinasi sebagai syarat administrasi," tambahnya.

"Aksi kali ini tentu akan terus berlanjut ketika tuntutan kami tidak diterima oleh pemerintah Indonesia, diantaranya hentikan PPKM, pulihkan ekonomi dan pendidikan, tolak vaksinasi sebagai syarat administrasi dan vaksinasi bukan jaminan kesehatan," tutup Imran.

Aksi yang dilakukan KPPM dengan memblokir dua jalur tersebut mengakibatkan kemacetan panjang yang berlangsung selama tiga jam. Pendemo membubarkan diri pada Pukul 17.00 Wita.