Cek Pasar di Makassar, Mendag Tak Temukan Minyak Goreng Premium

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi mengecek kestabilan harga sembako dan memastikan kelancaran distribusi minyak goreng jelang bulan Ramadhan di pasar tradisional Terong dan Pa’baeng-baneg, Makassar, Kamis (17/2/2022).

Didampingi Walikota Makassar Danny Pomanto dan Sekprov Sulsel, Abdul Hayat Gani, Muh Lutfi menuturkan ada beberapa barang penting yang menjadi cangkang di Kemendag, terutama minyak goreng.

"Jadi saya melihat di sini (Pasar Pabaeng-baeng) minyak curah dengan harga terjangkau tetap ada, yang tidak ada adalah minyak paket premium dan paket sederhana," ujarnya.

Adapun kelangkaaan minyak paket premium dan sederhana penyebabnya, kata Lutfi, karena mengalami kendala dalam pendistribusiannya ke masyarakat.

Meski demikian, distribusi minyak goreng paket tersebut sudah dilakukan sejak Selasa (15/2) kemarin. Lutfi mengaku ada stok minyak yang tiba pada Kamis (17/2) di pelabuhan Soekarno Hatta Makassar.

"Akan datang dengan merek filma pada Kamis siang hari ini di pelabuhan dan saya meminta kepada distributor untuk menyebarkankan minyak pada kesempatan pertama," tandasnya.

Dalam kesempatan itu juga, Muhammad Lutfi sekaligus mengecek stok dan harga gula di Kota Daeng.

"Saya juga melihat harga gula di Kota Makassar ini stabil dan normal seperti harga sebelumnya yakni  Rp13 ribu - Rp14 ribu tergantung pada proses pemutihannya," ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan, penyesuaian harga minyak goreng jadi kendala di lapangan. "Jadi 2 minggu kemarin itu penyesuain harga yang terjadi adalah kebuntuan pada distirbusi," ungkapanya.

"Jadi barang (minyak goreng) di Kota Makassar ini ada, tetapi untuk level minyak curah ini sudah mulai mengikuti harga pemerintah yang semestinya akan menuju Rp11.500 dan begitu distribusi ini jalan mulai dari hari Selasa kemarin ini akan mengikuti harganya dan suplay akan menjadi normal," pungkas Mendag.

Laporan: Darsil Yahya