Musim Panen Tiba, Harga Beras Perlahan Turun

Penjual beras di Pasar Pa'baeng-baeng - (foto by Riski)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Harga Beras dari medium hingga premium terpantau mengalami penurunan harga secara perlahan pasca lebaran. 

Harga Beras, misalnya saja di Pasar Pa'baeng-baeng Makassar, untuk jenis Premium kini dijual dengan harga Rp14.000 perkilogramnya dan Rp12.000 perliternya. Sebelum mengalami penurunan harga beras jenis premium sempat bertengger di angka Rp17.000 Perkilogramnya dan Rp15.000 perliternya. 

Meski begitu, masih ada beberapa pedagang beras yang masih menjajakan berasnya dengan harga mahal, dengan alasan belum mendapatkan stok beras terbaru setelah lebaran, sehingga dengan terpaksa harus dijual mahal. 

"Sebenarnya harganya sudah turun, cuman kan ini sudah lebaran yah, aaàaàmakanya kalau di kita belum turun harga, karena kita mau habisi dulu stok beras yang tersisa, nanti kalau sudah habis stok yang ini, insyaAllah akan turun, cuman kita pantau dulu harga sekarang, " Jelas salah satu pedagang beras,  H Tajuddin. 

Adapun untuk beras premium ukuran 25Kg, merk lahap masih konsisten di harga 400 ribuan, saat ini dibanderol diharga Rp410.000, sebenarnya angka ini mengalami penurunan harga, karena beberapa waktu yang lalu jenis merk premium yang satu ini pernah bertengger di angka Rp420.000.

Selain merk lahap, beras jenis premium lainnya yang mulai turun harga yaitu merk 838, kini dijual dengan harga Rp350.000 yang sebelumnya sempat dijual dengan harga Rp390.000. Kemudian ada beras merk Mawar sekarang diharga Rp330.000 yang sebelumnya diangka Rp370.000.

Sedangkan untuk beras ukuran 10 Kilogram kini dibanderol diharga Rp140.000 hingga Rp170.000, sementara untuk ukuran 5 kilogram kini mulai dari Rp70.000 hingga Rp90.000.

Harga beras mulai turun, menurut H Tajuddin turun harga sejak Bulan April, Pasalnya kata ia bulan april memang sebagian besar petani mulai serentak melakukan panen besar-besaran, hal itu kata dia mulai berpengaruh kepada harga beras,  karena stok mulai melimpah, meski belum signifikan. 

"Saya liat di kampung di Sidrap, itu sudah mulai panen orang, kemarin juga ke Enrekang sudah panen orang, makanya ini beras mulai turun harga karena sudah banyak stoknya, meskipun belum terlalu turun, karena kan beras juga kalau dipanen panjamg prosesnya, mau dikeringkan dan lain-lain," ungkap salah satu pedangang beras di Pasar Pa'baeng-baeng Makassar, H Tajuddin.

Laporan : Riski