Jelang Nataru, Penumpang Kapal Naik 20 Persen

Suasana terminal Pelabuhan Makassar, Rabu (21/12/2022) - (foto by Ardi Jaho)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Jelang perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru) penumpang kapal di Terminal Anging Mammiri, Pelabuhan Makassar mulai padat, Rabu (21/12/2022). Terpantau, ribuan penumpang memenuhi Pelabuhan Makassar sejak pagi.

Regional Head IV PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo, Enriany Muis mengungkapkan jumlah penumpang kapal laut tahun ini meningkat 20 persen dibandingkan jelang perayaan Nataru tahun 2022 lalu untuk jumlah Penumpang Pelabuhan Makassar

"Meningkat 20 persen atau dari segi jumlah penumpang tercatat hingga hari ini ( Rabu) sekitar 506 ribu orang  dibandingkan tahun lalu sekitar 400 ribu orang lebih" ujar kepada CELEBESMEDIA.ID.

Meningkatnya jumlah penumpang ini membuat Pelindo menambah armada sekitar 4 persen. Diprediksi puncak padatnya penumpang yakni dua hari jelang perayaan Natal dan Tahun Baru, Jumat (23/12/2022) nanti.

"Puncaknya itu mines dua atau tiga hari menjelang Nataru penumpang kapal meningkat pesat," imbuhnya.

Pada tiap pelabuhan juga dibuka posko keamanan. Misalnya di pintu masuk terminal Pelabuhan Makassar. Tampak sejumlah petugas gabungan disiagakan di posko tersebut.  

"Pelindo tidak sendirian. Ada beberapa instansi terkait bahu membahu dalam memperlancar kegiatan Nataru apakah bea cukai, balai karantina , dan sebagainya dalam persiapan perayaan Nataru", tuturnya.

Sementara itu salah seorang penumpang kapal tujuan Tarakan, Andirina mengungkapkan memilihmenghabiskan libur Nataru untuk pulang kampong.

" Ingin liburan ke Tarakan (Kalimantan) untuk berkumpul bersama keluarga," ujarnya.

Adriana mengaku sengaja memilih moda transportasi laut karena harga tiketnya lebih terjangkau dibandingkan menggunakan pesawat. Ia mengungkapkan tahun ini penumpang kapal lebih padat dibandingkan tahun sebelumnya, dengan harga tiket terjangkau Rp. 361 ribu.

"Penumpang kapal saat ini membludak dibandingkan tahun lalu. kalau harga tiket normalRp361 ribu, ini tujuan Tarakan. Tapi harga ini lebih mrah disbanding naik pesawat," tutupnya.

Laporan: Ardi Jaho