Sapi Limosin, Sapinya Para 'Sultan' yang Berkurban

CELEBESMEDIA.ID, Gowa -  Sapi Limosin menjadi primadona hewan kurban di Idul Adha tahun ini. Sapi ini menjadi pilihan bagi para "sultan", sebutan bagi mereka yang berkantong tebal.

Salah satu lokasi ramai menjajakan hewan kurban berada di Jalan Tun Abdul Razak, Paccinongan, Kabupaten Gowa. 

Berdasarkan pantauan CELEBESMEDIA.ID Rabu (28/06/23) sapi jumbo jenis Limosin berderet di sepanjang jalan, dengan bobot kurang lebih 500 Kg hingga 900 Kg ini memanjakan mata para pencari hewan kurban. 

Namun untuk bisa berkurban Sapi Limosin  perlu menyiapkan biaya lebih besar.

Harga sapi asal Limousin, Prancis ini terbilang fantastis, tergantung bobotnya. Bisa mencapai ratusan juta rupiah per ekor.

Daeng Naba, Salah satu pedagang sapi di Gowa mengaku peminat sapi jenis Limosin rata-rata pejabat atau pengusaha baik dari dalam kota atau luar kota. Sapi ini dibanderol dengan harga Rp50 juta sampai Rp100 juta per ekor.

"Yang beli sapi begini (Sapi Limosin) rata - rata pejabat memang, anggota DPR atau pengusaha-pengusaha dari perusahaan. Karena memang harganya cukup mahal karena besar, "ungkapnya. 

Sapi Limosin milik Daeng Naba laku terjual di pasaran. Ia menyediakan 10 ekor sapi Limosin dan 6 ekor sudah terjual sejak dua pekan lalu. Selain sapi limosin ia juga menjual sapi lokal yang sudah terjual kurang lebih 200 ekor. 

"Kalau sapi besar begini beda penjualannya dengan sapi biasa, karena itu mahal toh, tapi alhamdulillah sapi yang terjual sudah enam ekormi. kita posting juga di facebook jadi banyak yang liat. kalau Sapi biasa sudah kurang lebih dua ratus ekor yang terjual," tuturnya

Laporan : Zulfikar