Legislator Kunker ke Kementan Bahas Ketersediaan Pupuk di Sulsel

CELEBESMEDIA. ID, Makassar- Komisi B bidang ekonomi DPRD Sulsel melakukan kunjungan kerja ke Kementeri Pertanian Kementan) RI di Jakarta. Kunjungan tersebut sebagai tindak lanjut dari Rapat Dengar Pendapat (RDP) soal kelangkaan pupuk subsidi di Sulsel.

"Masih banyak masyarakat sulsel belum mendapatkan kuota pupuk bersubsidi, karena distribusinya ke Sulsel dibatasi sehingga banyak masyarakat yang tidak terinput datanya," kata Wakil Ketua komisi B DPRD Sulsel, Syahrir kepada CELEBESMEDIA. ID,  Jumat (31/3/2023).

Anggota dari Fraksi Demokrat itu mengatakan berdasarkan penjelasan dari Menteri Pertanian (Mentan) tidak ada penambahan kuota pupuk bersubsidi di Sulsel karena persoalan anggaran yang terbatas. 

"Penjelasan dari Mentan mengatakan tidak ada penambahan kuota di Sulsel karena disebabkan keterbatasan anggaran,  secara keseluruhan anggaran disiapkan hanya Rp25 triliun, " ujarnya. 

Pertemuan tersebut juga meminta kepada Menteri Pertanian membuka kembali jaringan sistem IT untuk melakukan penginputan warga yang belum terdaftar dari data tersebut masyarakat bisa mendapatkan pupuk. 

" Harus dilakukan perbaikan sistem IT sehingga masyarakat yang belum terdaftar bisa terinput dapat dimasukkan datanya biar menerima juga pupuk bersubsidi, " jelasnya.

Laporan:  Ardi Jaho