Wabup Selayar Buka Desiminasi Hasil Kegiatan BTN Taka Bonerate

CELEBESMEDIA.ID, Selayar - Wakil Bupati Kepulauan Selayar H. Saiful Arif, S.H membuka Kegiatan Diseminasi Hasil Kegiatan Balai Taman Nasional (BTN)Taka Bonerate dalam rangka penyampaian informasi hasil pelaksanaan BTN Taka Bonerate selama tahun 2023.

Diseminasi berlangsung di Hotel Rayhan Square, Benteng pada Kamis (1/2/2024), turut dihadiri oleh Kajari Selayar Hendra Syarbaini, Perwakilan dari Dandim 1415 Selayar, perwakilan dari Polres Selayar, Kepala BTN Taka Bonerate Ahmad Yani, Para Kepala OPD, serta tamu undangan lainnya.

Wabup Selayar, Saiful Arif dalam sambutannya berharap BTN Taka Bonerate dapat menyediakan Repository seluruh hasil penelitian ilmiah dalam kawasan Taman Nasional yang dilaksanakan oleh internal BTN Taka Bonerate maupun organisasi external, dimana hal tersebut sebagai bentuk adaptasi terhadap kebutuhan akses data dan informasi bagi publik di zaman digital saat ini.

"Repository tersebut akan bermanfaat signifikan sebagai Bank Data yang memungkinkan dilakukannya interoperabilitas data dan informasi oleh BTN Taka Bonerate dan Pemda Kepulauan Selayar guna menghasilkan kebijakan-kebijakan pembangunan dan pengembangan yang tepat," ucap Saiful Arif.

Saiful Arif juga berharap agar BTN Taka Bonerate juga dapat bersinergi dengan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang terdapat dalam kawasan TN Taka Bonerate guna menopang program Gerakan Membangun Desa Mandiri (Gerbang Sari).

"Kami berharap di Pemda ini kiranya Balai bersama segenap mitranya bersinergi untuk pengembangan BUMDes diseluruh desa yang masuk dalam kawasan Taman Nasional Taka Bonerate karena BUMDes ini adalah Lembaga Ekonomi Desa yang menopang program Gerbang Sari," pinta Wabup Saiful Arif.