Jabat Konsul Kehormatan Republik Kroasia, Appi Segera Bangun Kantor di Makassar

Munafri Arifuddin mendapat jabatan baru sebagai Konsul Kehormatan Republik Kroasia - (foto by Instagram/@appi_mika)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Munafri Arifuddin mengemban jabatan baru sebagai Konsul Kehormatan Republik Kroasia di Makassar.

Ia menerima Exequatur dalam acara yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Protokol dan Konsuler Kementerian Luar Negeri hari ini, Kamis (29/2/2024) di Surabaya.

Kepada CELEBESMEDIA, Appi, sapaan akrab Ketua DPD II Golkar Makassar ini menjelaskan Konsul Kehormatan Republik Kroasia di Makassar ini nantinya akan menjadi penghubung antara Makassar dengan Kroasia yang meliputi segala bidang, diantaranya bisnis, pendidikan dan kesehatan.

"Artinya kita mendapat kepercayaan dari negara lain untuk menjadi penghubung  dengan Indonesia khususnya di wilayah Timur Indonesia," ucap Munafri Arifuddin kepada CELEBES MEDIA, Kamis (29/2).

"Kita menjadi fasilitator dalam bidang bisnis, pendidikan, kesehatan, ekonomi. Jadi kita akan mempertemukan kalau ada peluang yang bisa kita lakukan bersama," lanjutnya.

Sebagai langkah awal, Appi akan membangun kantor di Makassar sehingga dapat memudahkannya sebagai penghubung atau fasilitator dalam memfasilitasi peluang investasi bisnis atau pun menjelajahi potensi dalam sektor pendidikan dan kesehatan kedua negara (Kroasia - Indonesia).

"Yang paling pertama adalah kita membuka kantor, representative office di Makassar. Setelah itu kita akan melihat potensi - potensi apa yang bisa kita kerjasamakan yang ada di sana(Kroasia). Lalu mencoba menghubungkan dan memberikan informasi-informasi apa yang menjadi keunggulan kita di Sulsel dengan menghubungkan pengusaha Sulsel dengan pengusaha di Kroasia, begitu pun sebaliknya," katanya.

Hal penting lainnya yang harus dilakukan, menurut Appi yakni melaporkan keberadaan Konsul Kehormatan Kroasia di Makassar kepada Pemerintah Daerah.

"Kita juga perlu melapor ke pemerintah setempat bahwa sekarang di Kota Makassar sudah ada perwakilan Kroasia. Kita laporkan kepada Gubernur dan Walikota sebagai pemerintah daerah," sambungnya.

Appi berharap kehadiran perwakilan Kroasia di Makassar dapat membuka peluang investasi atau pun kerjasama lainnya termasuk di bidang pendidikan.

"Mudah-mudahan dalam waktu dekat ada kerjasama yang bisa dijalin. Apakah mungkin dimulai dari pertukaran teknologi. Mungkin ada kampus di Makassar yang bisa kerjasama untuk membangun sistem pertukaran pelajar. Atau ada bisnis yang sudah bisa kita jalin dengan langsung mempertemukan  pengusaha yang ada di Sulsel dengan pengusaha Kroasia, begitu pun sebaliknya," ungkapnya.


Saat ini sudah ada 5 Konsul Kehormatan di Makassar. Selain Kroasia, sudah ada  Malaysia, Prancis, Jerman dan Republik Ceko.

Sementara itu, acara penyerahan Exequatur kepada Konsul Kehormatan Negara Sahabat di Surabaya dihadiri oleh beberapa perwakilan negara, termasuk Duta Besar Republik Kroasia untuk Indonesia, HE Nebojsa Koharovic. Acara ini juga dihadiri oleh beberapa undangan, termasuk perwakilan asosiasi kehormatan dan beberapa konsul kehormatan di Surabaya.