Mudik Gratis Untuk Mahasiswa, Dishub Sulsel Siapkan 1.000 Kuota

CELEBESMEDIA. ID, Makassar- Kabar gembira bagi para mahasiswa yang ingin pulang ke kampung halamannya untuk merayakan Idul Fitri. 

Dinas Perhubungan Sulsel akan menyiapkan bus gratis khusus untuk mahasisawa di mudik lebaran tahun ini.

Ada 1.000 kuota yang disiapkan, dengan rute pejalanan lintas kabupaten yang masih wilayah Sulsel.

" Mudik gratis ini mulai tanggal 20 April dengan jumlah penumpang sekitar 1000 orang," jelas Kepala Dinas Perhubungan Sulsel Muhammad Arafah kepada CELEBESMEDIA, Rabu (12/4).

Arafah juga menjaskan mudik gratis bagi mahasiswa ini sebagai salah satu upaya pemerintah untuk mengurai kepadatan dan kemacetan lalu lintas pada arus mudik. 

Pucak kepadatan arus mudik diprediksi antara tanggal 19 dan 20 April.

"Kita siapkan mudik gratis bagi mahasiswa agar tidak menggunakan kendaraan saat pulang kampung untum menghindari terjadinya kecelakaan lalu lintas," lanjutnya.

Selain itu Dishub Sulsel juga menggelar rapat koordinasi dengan beberapa pihak untuk mencari solusi problem pada arus tahun ini dengan mempelajari dari problem di arus mudik tahun 2023.

" Kita (dishub Sulsel) telah melakukan rapat koordinasi dengan stakeholder tentunya dengan melibatkan dirlantas, BPJS, BMKG, BPBD, untuk terus saling berkomunikasi perihal masalah atau kendala disetiap daerah dalam menghadapi arus mudik kedepannya," ungkapnya.

Berdasarkan hasil rapat koordinasi, khusus Jalan poros Camba - Bone akan dilakukan sistem buka-tutup. 

"Menjadi perhatian terkait jalan poros yang ada di Camba kabupaten Maros menuju kabupaten Bone kerap kali macet berjam-jam sehingga kita perlu memberlakukan sistem buka tutup. Selain itu juga jalan nasional Sumbawa menuju Luwu Timur perlu juga perhatian dari sejumlah stakeholder," jelasnya. 

Laporan: Ardi Jaho