Fort Rotterdam, Lokasi Ngabuburit Sembari Telusuri Sejarah Kerajaan Gowa

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Tak sulit menemukan lokasi ngabuburit seru di Makassar. Sakah satu yang menjadi favorit warga kota yakni Fort Rotterdam.

Di Fort Rotterdam atau Benteng Rotterdam, orang-orang biasa menunggu waktu bedug tanda berbuka puasa sembari menelusuri sejarah Kerajaan Gowa.

Ada banyak peninggalan bersejarah di tempat ini yang menggambarkan kejayaan Kerajaan Gowa di zaman lampau.

Usia benteng yang berdiri kokok di tepi Pantai Losari sebelah barat Kota Makassar ini sudah berusia ratusan tahun.

Tercatat dalam sejarah Kerajaan Gowa, benteng ini dibangun pada 1545 oleh Raja Gowa ke-10 yang bernama I Manrigau Daeng Bonto Karaeng Lakiung dengan gelar Karaeng Tunipalangga Ulaweng.

Situs ini menyerupai penyu yajg berjalan ke arah laut.  Awalnya memiliki enam bastion yang dikelilingi oleh benteng setinggi tujuh meter dan parit sedalam dua meter. Akan tetapi, saat ini hanya tinggal lima bastion yang terlihat dan di dalamnya masih berisi meriam, di antaranya: 

  • Bastion Bone, terletak di sebelah barat
  • Bastion Bacan, terletak di sudut barat daya
  • Bastion Buton, terletak di sudut barat laut
  • Bastion Mandarsyah, terletak di sudut timur laut 
  • Bastion Amboina, terletak di sudut tenggara

Ngabuburit di Fort Rotterdam tidaklah rugi, karena selain dapat menambah wawasan, view matahari terbenam yang dapat disaksikan dari atas Fort Rotterdam sangat indah.

Salah satu pengunjung, Muhammad Endar (26) mengatakan selain menghilangkan penat, tempat ini juga bisa menambah pengetahuan.

"Seru sih, Karena ada museum nya juga jadi bisa sambil jalan jalan kalau sore bisa juga masuk museum liat liat peninggalan sejarah," ujar Muhammad Endar (26)

Tempat ini dibuka pukul 07.30 WITA - 18.00 WITA. Namun akan sangat ramai saat sore hari.

Laporan : Riski