Walikota Danny Pomanto Ingatkan ASN Harus Netral

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Walikota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto kembali mengingatkan agar para Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Pemkot Makassar agar selalu netral dalam selama masa Pemilu 2024.

"Kami netral. Tadi pagi waktu upacara saya kembali ingatkan ASN harus netal," ucapnya saat menghadiri Grand Opening Primaya Hospital Hertasning, Senin (29/1).

Ia pun menyatakan tidak akan hadir mengikuti kampanye akbar atau rapat umum Calon Presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo.

Meski ia telah menjadi kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Sulsel, namun Walikota yang akrab disapa Danny Pomanto ini menegaskan tetap netral sebagai pejabat negara. Karenanya untuk menjaga netralitas ia tidak akan mengahadiri kampanye paslon capres nomor 3 yang rencanya akan dihelat di Gelanggang Olahraga (GOR) Sudiang Makassar, Selasa besok (30/1).

"Tidak (tidak bisa hadir). Saya ini kepala daerah yang harus baik untuk semua," ucapnya.

ASN harus menjaga netralitas selama masa pemilu sesuai dengan yang diamanatkan dalam Undang-Undang No. 5/2014 tentang ASN. 

Pada aturan itu termaktub ASN dilarang menjadi anggota dan/atau pengurus partai politik. ASN pun diamanatkan untuk tidak berpihak dari segala bentuk pengaruh manapun dan tidak memihak kepada kepentingan siapapun.