Membanggakan, Dua Mahasiswa Makassar Sabet Medali di Olimpiade Matematika Rusia

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Dua mahasiswa Makassar yakni Ferdi dan Zidan Nadif Ramadhan berhasil mengharumkan nama Indonesia di kancah  internasional.

Keduanya merupakan mahasiswa program studi Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA). 

Ferdi dan Zidan menyabet medali perak (juara II) pada ajang North Countries Universities Mathematical Competition (NCUMC) yaitu olimpiade matematika tingkat internasional yang dilaksanakan di Rusia pada akhir Maret 2023. 

Ferdi menjelaskan bahwa lomba internasional ini dilakukan secara daring dan luring di ITMO University, Rusia. Lomba ini terdiri dari dua kategori yaitu individu dan tim.

“Lomba ini kami ikuti secara daring dan mengikuti dua kategori lomba, individu dan tim. Tapi untuk tim, kami menempati peringkat tujuh,” jelas Ferdi, Rabu (10/5).

Ferdi juga menerangkan bahwa untuk lomba yang diikuti hanya terdiri dari satu tahap tes. Setelah tes, penyelenggara langsung mengumumkan perolehan nilai.

Sementara untuk persiapan lomba, Ferdi mengaku tak memiliki persiapan khusus lantaran tengah bersiap untuk Olimpiade Nasional MIPA. 

“Sebenarnya lomba ini kami ikuti secara daring sehingga kurang tertantang. Mungkin ke depannya kampus bisa mewadahi kami untuk mengikuti kompetisi tersebut secara luring di Rusia,” harap Ferdi. 

Mahasiswa angkatan tahun 2020 ini mengaku mendapat banyak bantuan dari dosen pembimbing dari Departemen Matematika Fakultas MIPA, khususnya Dr. Andi Muhammad Anwar yang menjadi pembimbingamnya.

“Para alumni juga senantiasa membantu kami dalam mempelajari materi olimpiade yang sebagaimana kita tahu kalau materi olimpiade lebih tinggi dibandingkan materi kelas,” tutupnya.