Usai Dilantik, Menkominfo Budi Arie Diminta Tuntaskan Proyek BTS

Menkominfo Budi Arie Setiadi (ujung sebelah kiri) dalam pengambilan sumpah jabatan di Istana Negara, Senin (17/7/2023) - foto by YOUtube Sekretariat Presiden

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Budi Arie Setiadi resmi menjabat sebagai Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) menggantikan Johnny G Plate yang terjerat kasus dugaan korupsi kasus pengadaan BTS Kominfo.

Sebagai Menkominfo yang baru, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta Budi Arie Setiadi menuntaskan proyek pembangunan menara Base Transceiver System (BTS). 

“Saya ingin yang pertama d Kementerian Komunikasi dan Informatika, penyelesaian BTS diutamakan, penyelesaian hukum silakan berjalan, kita hormati, tetapi penyelesaian BTS juga harus berjalan,” kata Presiden Jokowi mengutip Antaranews, Senin (17/7/2023).

Jokowi meminta proyek BTS tetap berlanjut meski saat ini tengah berkasus hukum. Sebab pembangunan BTS di seluruh daerah, terutama di daerah terdepan, tertinggal dan terluar (3T) sangat penting untuk memberikan pelayanan akses komunikasi dan digitalisasi kepada masyarakat. 

“Jangan sampai sudah peristiwa hukum, BTS terbengkalai, ini yang saya tidak mau, tugas beratnya disitu,” kata Jokowi.

Selain tugas melanjutkan proyek BTS, Presiden juga memerintahkan Budi Arie untuk membawa Indonesia agar tidak tertinggal dengan perubahan dunia yang begitu cepat di bidang teknologi dan informatika. 

“Agar yang berkaitan dengan kedaulatan data, yang berkaitan dengan artificial intelligence (AI), berkaitan dengan frekuensi, dengan satelit, semuanya bisa dirampungkan dan dituntaskan, dan juga, akan kita bantu lagi dengan (membentuk) Satgas, yang memang waktunya sangat mepet sekali,” kata Jokowi.