Waspada, Sulsel Berpotensi Dilanda Cuaca Ekstrem 23-25 Desember

Ilustrasi cuaca ekstrem - (foto by Pixabay.com)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Badan Meteorologi, Klimatologi dan  Geofisika (BMKG) Wilayah IV Makassar mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem yang akan melanda Sulawesi Selatan pada 23-25 Desember 2022.

Dalam rilis BMKG, Rabu (21/12), beberapa daerah di Sulsel berpotensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat, yakni Kabupaten Pinrang, Soppeng, Barru, Pangkep, Maros, Gowa, Takalar, Jeneponto, Selayar, Kota Parepare dan Makassar.

Peringatan dini dikeluarkan setelah monitoring perkembangan dinamika atmosfer terkini menunjukkan adanya potensi peningkatan curah hujan.

Selanjutnya diprakirakan terjadi perlambatan arus angin (konfluensi) di Selat Makassar bagian selatan menyebabkan penumpukan massa udara yang mendukung pertumbuhan awan hujan.

Terdapat kemungkinan potensi banjir rob di pesisir barat Sulawesi Selatan karena bertepatan dengan fase pasang maksimun.

Selain itu, masyarakat juga diimbau mewaspadai gelombang tinggi di perairan sekitar Sulawesi Selatan.

BMKG meminta masyarakat meningkatkan kesiapsiagaan terhadap potensi bencana hidrometeorologi, seperti banjir, tanah longsor, angin kencang, dan pohon tumbang.