286 JCH Luwu Diberangkatkan ke Asrama Haji Makassar

CELEBESMEDIA.ID, Belopa —Sebanyak 286 Jemaah Calon Haji (JCH) Keloter 12 Kabupaten Luwu diberangkatkan. Rata-rata dari JCH itu menunggu 12 tahun sejak mendaftar pada tahun 2011 agar bisa menunaikan rukun islam ke-5.

JCH Kabupaten Luwu, nantinya akan bergabung dengan kloter yang sama dari Kabupaten Gowa sebanyak 105 orang di embarkasi Makassar. Terdiri dari 191 orang perempuan dan 95 orang laki-laki,” kata Kepala Kementerian Agama (Kemendag) Luwu, Nurul Haq, Rabu (31/05/2023) dini hari.

Pemberangkatan JCH Luwu untuk tahun ini kata Nurul Haq, berbeda dari tahun sebelumnya.

“Tahun-tahun sebelumnya, pelepasan JCH kita dilakukan dari masjid ke masjid, tahun ini berbeda sebab dipusatkan di Rumah Jabatan Bupati Luwu,” ucapnya.

“Pemberangkatan JCH tahun ini terasa spesial, sebab di fasilitasi tempat dari Bupati Luwu, sebagai repesentasi dari masyarakat Luwu, untuk itu kami mengucapkan terimakasi yang sebesar-besarnyakepada Bapak Bupati Luwu,” tutur Nurul Haq.

Armin, Wakil Ketua Pemberangkatan dan Pemulangan CJH Kabupaten Luwu, mengatakan, jemaah termuda Luwu berusia 27 tahun 5 bulan asal kecamatan Latimojong bernama Devita, dan tertua bernama Manasing asal Kecamatan Suli berusia 100 tahun 5 bulan.

“Setibanya di Makassar, kata Nurul Haq, JCH Kabupaten Luwu akan segera menjalani karantina di Asrama Haji, di Kelurahan Sudiang, Kecamatan Biringkanaya, Makassar,” katanya.

Sementara, Ketua  Kloter JCH Luwu, Rusdin merincikan, dari 286 jemaah Luwu terdiri dari ASN sebanyak 30 orang, swasta 67 orang, petani 70 orang, anggota polri satu orang, TNI dua orang, dan ibu rumah tangga sebanyak 114 orang.

“Semua jemaah kita ini merupakan warga Luwu berdasarkan domisili, Insayallah kondisi jemaah kita dalam keadaan sehat dan istitaah untuk berangkat ke tanah suci,” ucapnya.

Setelah menjalani karantina selama satu hari di Asrama Haji Sudiang dan bergabung dengan kloter dari Kabupaten Gowa Makassar, kata Rusdin, JCH akan segera di berangkatkan dari Bandar Udara Sultan Hasanuddin menuju Bandar Internasional Madinah.