BMKG: Makassar akan Hujan Ringan Minggu 28 April

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Siapkan payung jika hendak berakhir pekan di wilayah Makassar hari ini.

Pasalnya Badan Klimatologi dan Geofisika (BMKG) wilayah IV Makassar memprediksi Kota Makassar akan diguyur hujan, Minggu (28/4/2024).

Prakirawan BMKG Makassar, Sitti Nurhayati Hamzah menjelaskan intensitas hujan yang akan mengguyur Makassar kategori ringan. Namun akan berlangsung lama.

"Hujan ringan berpotensi mengguyur Makassar dari pagi hingga malam hari. Ini merata terjadi di seluruh wilayah Kota Makassar," jelasnya dalam penyampaian tertulis BMKG Makassar yang masuk ke redaksi CELEBESMEDIA.ID.

 Suhu udara masih dalma batas normal yakni 24-32 derajat Celsius sedajgkan kelembapan udaranya mencapai 70 - 90 persen. 

BMKG Makassar juga mengeluarkan peringatan dini akan potensi hujan lebat dan bencana banjir di sebagian wilayah Sulsel.

"Berpotensi hujan sedang - lebat yang dapat disertai kilat/petir dan banjir di wilayah utara dan timur Sulawesi Selatan," jelas peringatan dini tersebut.

Sementara itu BMKG Maritim Paotere menjelaskan kecepatan angin pun masih pada ambang normal. Begitu pula ketinggian gelombang di Perairan Makassar.

"Angin akan berhembus dari barat daya ke barat laut dengan kecepatan 10 hingga 30 kilometer per jam. Ketinggian gelombang juga normal yakni 0,5 hingga 1 meter," jelas prakirawan BMKG Maritim Paotere, Fachruddin Lubis.