Menteri PUPR Tegaskan Proyek Stadion Mattoanging Terkendala Sengketa Lahan

Kondisi Standion Mattoanging yang dirubuhkan - foto by dok CELEBESMEDIA.ID

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Renovasi Stadion Mattoanging masih juga stagnan. Tidak ada progres pembangunan hingga pertengahan tahun 2023 ini. Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Indonesia (PUPR) Basuki Hadimuljono menjelaskan proyek renovasi Stadion Mattoanging saat ini tertunda akibat persoalan sengketa lahan yang belum menemukan titik terang.

Basuki menyebutkan, saat ini terdapat 22 stadio yang tengah dievaluasi, salah satunya ialah Stadion Mattoanging. Namun, sulit untuk menindaklanjuti proses pembangunan Stadion Mattoangin yang disebabkan permasalahan tanahnya yang belum selesai.

"Kami sekarang ini ada 22 stadion yang sudah kita evaluasi. Kalau Mattoanging ini masalah tanahnya belum selesai" ujar Basuki saat diwawancarai, Kamis (27/07/23).

Ia menuturkan pembangunan baru dapat dilanjutkan apabila persoalan aset sudah beres.

"Jadi saya kira yang mempunyai aset itu harus, kalau memang mau direnovasi selesaikan dulu masalah tanahnya" tuturnya.

Proyek ini bermula dari pembongkaran Stadion Mattoanging oleh Pemerintah Sulawesi Selatan dengan tujuan renovasi di tahun 2020.

Tetapi hingga kini, pembangunan ulang dari Stadion Mattoanging tak kunjung dilanjutkan. Proyek ini sudah beberapa.kali gagal tender.

Laporan: Raudhatul Jannah