Warga Diminta Gunakan Baju Adat di Hari Kebudayaan Makassar


CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Seluruh warga Makassar diminta menyemarakkan Hari Kebudayaan Kota Makassar yang akan diperingati 1 April 2022. 

Kepala Dinas Kebudayaan Kota Makassar, Andi Herfida Attas menjelaskan  filosofi Hari Kebudayaan Makassar ini mencerminkan keberagaman kebudayaan dari berbagai etnis yang ada di Kota Makassar. 

"Hari kebudayaan ini disemangati seluruh masyarakat Makassar dengan berbaju adat dalam kegiatan sehari-hari di hari itu," jelas Herfida dalam Blak-Blakkan Seru Celebes Radio,.Rabu (30/3/2022).

Ada beragam kegiatan yang nantinya akan dihelat saat Hari Kebudayaan Makassar ini diantaranya festival gandrang bulo 1000 lorong dan parade 25 baju karnaval. 

"Festival gandrang  bulo di 1000 lorong yang ada Makassar, dimainkan murid SD dan SMP juga masyrakat yang ingin berpastipasi di lorong. Sedangkan parade 25 baju jarnaval koleksi milik Makassar yang diiringi 200 orang yang akan tampil pada parade tersebut dengan menghadirkan 3 etnis," lanjut Herfida.

Parade budaya ini akan digelar di depan Museum Kota Makassar sebagai cagar peninggalan Kota Makassar dengn tema 'Warna Warni Budaya Makassar.

"Warna warni budaya ini wujud dari kekuatan, keberagaman, kebersamana dan kepedulian dalam menjaga melestarikan budaya secara utuh", tuturnya.

Pencanangkan Hari Kebudayaan Makassar ini sebenarnnya telah dilakukan sejak 1 April 2019 yang saat itu diikuti sekitar seribu orang. 

"Tahun ini tetap dibatasi, pelaksanaan hari budaya sudan tahun keempat," ucapnya.

Sementara, para peserta yang ikut dalam festival kebudayaan diharuskan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

"Peserta wajib menggunakan masker dan juga akan ada pemeriksaan aplikasi PeduliLindungi," tutupnya.