Unibos Bangun Gedung 15 Lantai Fakultas Kedokteran

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Universitas Bosowa (Unibos) kembali menambah satu Gedung baru untuk Fakultas Kedokteran.

Pembangunan Gedung baru tersebut ditandai dengan peletakan batu pertama oleh Rektor Unibos Prof. Batara Surya, didampingi sekretaris penataan ruang kota Makassar, Muh. Fuad Aziz.

Turut hadir dalam peletakan batu pertama tersebut, Ketua panitia perencanaan pembangunan vice rektor IV Dr Agus Salim,  Ketua BPH Yayasan Aksa Mahmud Asrul Hidayat, Dekan Kedokteran Bachtiar Baso maupun dekan Teknik Nasrullah.

Dalam sambutannya Dekan Fakultas Kedokteran Unibos, Bachtiar Baso mengatakan sejauh ini persiapan pembangunan gedung kedokteran tersebut dilakukan dengan metode studi banding di berbagai Universitas yang di Indonesia."Kita pernah melakukan studi banding sejumlah Universitas yang mempunyai 

Fakultas Kedokteran di Jakarta, baik itu negeri maupun swasta sehingga apa yang kita lihat hari ini tidak lain adalah hasil kerja-kerja teman-teman," pungkasnya.

Anggaran yang digelontorkan Unibos dalam pembangunan gedung baru Fakultas Kedokteran sebesar Rp75 miliar. Nantinya gedung ini akan dibangun bertingkat 15 lantai. 

Gedung tersebut ditarget rampung dalam dua tahun pengerjaan.

"kita berdoa bersama-sama mudah-mudahan apa yang kita impikan bisa diwujudkan dua tahun paling lama ke depan, pembangunan gedung baru Fakultas Kedokteran terealisasi," pungkasnya.

Bachtiar, menambahkan sebelum pembangunan gedung mulai dilakukan juga telah melalui  studi kelayakan Amdal lingkungan, maupun penyelidikan tanah.

"Ada berbagai persiapan yang telah kita lakukan, mulai dari studi kelayakan, studi Amdal mengenai lingkungan dan kita sudah melakukan studi penyelidikan tanah, sekarang ini sudah masuk pada proses desain yang menurut Dekan Teknik ini sudah mencapai kurang lebih 80%," ucapnya.

Sementara itu Rektor Unibos, Prof Batara Surya mengatakan dengan adanya pembangunan gedung baru nantinya diharapkan dapat menarik minat calon mahasiswa untuk berkuliah di Unibos.

"Jangan sampai gedungnya terlalu mewah ternyata sumber daya manusia saja tidak mumpuni, ini juga akan memberikan dampak yang cukup besar untuk perkembangan Fakultas Kedokteran," bebernya.

Prof Batara Surya juga menegaskan yang menjadi tantangan bagi dosen-dosen Unibos kedepannya yakni meningkatkan kompetensi selaku tenaga pendidik.

"Fakultas Kedokteran Unibos kedepannya memiliki daya magnet yang tinggi , karena gedungnya saja begitu mewah diantara Fakultas lainya, sehingga menjadi tantangan Fakultas Kedokteran dalam meningkatkan kualitas dosen-dosen dan mahasiswa," tuturnya.

Laporan: Ardi Jaho