Open Flame, Penyebab Kebakaran Pasar Sentral Makassar

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Polres Pelabuhan Makassar telah menerima hasil olah TKP Laboratorium Forensik (Labfor) Polda Sulsel terkait hasil pemeriksaan penyebab kebakaran Pasar Sentral Makassar.

Hasilnya, 931 lapak Pasar Sentral yang terbakar di Blok B bukan berasal dari arus pendek atau korsleting listrik, melainkan karena open flame.

"Penyebab kebakaran karena open flame atau api terbuka. Misalnya dari puntung rokok, bisa dari obat nyamuk, dan bisa dari sumber api yang lainnya, karena di lokasi tersebut memang pedagang baju anak sehingga api cepat membesar," ucap Kapolres Pelabuhan Makassar, AKBP Yudi Frianto saat ditemui CELEBESMEDIA.ID, Rabu (8/2/2023).

Yudi Frianto mengatakan awal kebakaran terjadi di lapak pedagang nomor 39 yang menjual pakain anak-anak. "Jadi bukan karena listrik tapi karena open flame," tegasnya.

Sejauh ini, kata Yudi Frianto pihaknya telah memeriksa sebanyak 18 orang saksi. Setelah hasil Labfor ini keluar maka mereka akan diperiksa lebih detail lagi oleh penyidik Reskrim Polres Pelabuhan.

"Dari 18 saksi ini diantara pemilik toko, sekuriti dan pihak PD Pasar," tuturnya.

Laporan : Darsil Yahya