Lempe Lolai, Kampung yang Dijuluki Puncak Nirwana di Toraja Utara

Wisatawan yang mengunjungi Lampe Lolai, Toraja Utara, Sabtu (29/12/2018) - (foto by Mardi)

CELEBESMEDIA.ID, Toraja - Menjajal kabupaten Toraja Utara, tak lengkap rasanya bila tak mengunjungi Lempe lolai. Sebuah perkampungan yang dijuluki negeri di atas awan, di lembang Lolai, Kecamatan Kapalapitu, Kabupaten Toraja Utara.

Keindahan pesona alam yang dipancarkan Lolai membuat setiap pengunjung terpikat. Sehingga tak salah jika Lolai diberi julukan puncak nirwana oleh pengunjung. Keindahan alam yang memukau membuat Lolai sebagai magnet bagi wisatawan saat berkunjung ke Toraja Utara.

Setiap hari saat fajar mulai menyinsing, ratusan wisatawan memadati kampung yang berada di atas ketinggian 1.300 MDPL itu. Para pengunjung ini datang dari berbagai daerah di tanah air dan mancanegara.

Salah seorang wisatawan asing asal Pakistan, Nawruz (27) mengaku terkesima dengan pesona alam Toraja, utamanya Lolai dengan keindahan alam, suasananya yang sejuk, keramahan warganya berpadu serta keunikan bangunan beberapa rumah Tongkonan di puncak Lempe Lolai.

"Sangat bagus sekali. This is the first time for me visit Toraja, tapi saya akan pikir saya akan kembali ke sini. Saya tidak begitu beruntung datang ke Lolai, karena awannya sedikit. Mungkin next time, tapi indah. Ada bangunan tradisionalnya (Tongkonan, red)," tutur Nawruz dengan bahasa Indonesia terbata-bata sambil sesekali tersenyum.

Lempe Lolai sendiri merupakan kampung yang terdiri atas gugusan pegunungan dengan hamparan pepohonan yang hijau. Kampung Lolai dapat dijangkau dengan kendaraan roda dua ataupun roda empat. Jarak tempuh Lolai dari pusat kota Rantepao, Toraja Utara sekitar 14 KM.