Pesawat Tempur Golden Eagle Diduga Jatuh di Blora

Pesawat tempur T-50 Golden Eagle Skuadron Udara TNI AU 15 - (foto by ANTARA)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Pesawat tempur ringan multi fungsi yang berpangkalan di Pangkalan Udara Utama TNI AU Iswahyudi, Madiun, Jawa Timur, dilaporkan kecelakaan dalam misi terbang latih night tactical intercept, Senin (18/7/2022) malam.

Diberitakan ANTARA, TNI AU segera memindahkan dan mengamankan lokasi di mana pesawat tempur T-50i Golden Eagle dari Skuadron Udara 15 TNI AU diduga jatuh, di Kabupaten Blora, Jawa Tengah.

Kepala Dinas Penerangan TNI AU, Marsekal Pertama TNI Indan Gilang, dalam siaran persnya, mengatakan, pesawat terbang dengan nomor registrasi TT-5009 itu lepas landas dari landas pacu Pangkalan Udara Utama TNI AU Iswahyudi pada Pukul 18.24 WIB.

Selanjutnya pukul 19.25 WIB, pilot masih kontak radio dengan flight director, namun setelah itu posisi pesawat tidak dapat dikontak.

Informasi di lapangan dari petugas kewilayahan dan masyarakat Desa Nginggil, Kecamatan Kradenan, Blora, Jawa Tengah, terkonfirmasi ada serpihan logam, yang diduga menjadi lokasi pesawat tempur T-50i Golden Eagle TNI AU itu jatuh.

"Untuk mengamankan dan evakuasi, (Senin) malam ini satu tim dari Pangkalan Udara Utama TNI AU Iswahyudi, langsung bergerak menuju lokasi," kata dia.

Pesawat tempur T-50i Golden Eagle yang diawaki satu penerbang ini adalah pesawat latih (trainer) supersonik buatan Amerika Serikat-Korea Selatan. Dikembangkan oleh Korean Aerospace Industries dengan bantuan produsen pesawat Lockheed Martin.