Mundur dari Mentan, SYL: Harga Diri Lebih Tinggi dari Jabatan

Mentan SYL setelah tiba di Jakarta usai lawatannya ke Eropa, Kamis (5/10/2023) - (foto by Antara)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) mengajukan surat pengunduran diri kepada Presiden Joko Widodo.

Pengunduran diri SYL sebagai Mentan dilakuman di tengah kasus dugaan korupsi di kementeriannya yang sedang disidik KPK.

"Diberikan kesempatan melalui Mensesneg (Menteri Sekretaris Negara) Pak Pratikno untuk menyampaikan usul dan surat pengunduran diri saya sebagai menteri," kata Syahrul di Kementerian Sekretariat Negara, Kompleks Istana Kepresidenan mengutip Antara, Kamis (5/10/2023).

Syahrul menyampaikan akan menghadapi kasus hukum yang membelitnya secara bertanggung jawab. 

"Saya orang Bugis Makassar dan rasanya harga diri jauh lebih tinggi dari pada pangkat atau jabatan. Biarkan saya hadapi ini, dan beri saya kesempatan membuktikan bahwa saya terbiasa ngurus rakyat," kata SYL usai menyerahkan surat pengunduran diri sebagai menteri pertanian kepada Presiden Joko Widodo, melalui Menteri Sekretaris Negara, Pratikno, di Kementerian Sekretariat Negara, di Jakarta.

Sebelumnya politikus Partai NasDem tersebut berangkat ke beberapa negara di Eropa pasa 24 September 2023 dan dijadwalkan kembali ke Indonesia pada Sabtu (30/9/2023). SYL sempat dikabarkan hilang kontak namun pada Rabu (4/10/2023) mantan Gubernur Sulsel itu tiba di Jakarta.

Setibanya di Indonesia, Syahrul Yasin Limpo langsung menaiki mobil jenis Toyota Alphard berwarna hitam menuju Nasdem Tower di Jakarta Pusat. 

Kamis sore, Syahrul datang menemui Mensesneg Pratikno didampingi Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya pukul 17.20 WIB melalui pintu selatan Kompleks Istana Kepresidenan yang melewati Wisma Negara.

Sementara Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno, di Jakarta, Kamis (5/10) mengatakan, ia segera melaporkan surat pengunduran diri Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) kepada Presiden Joko Widodo. Syahrul Yasin Limpo dijadwalkan menghadap Presiden Jokowi pada Jumat, (6/10).