Tersangka Penculikan Bocah Ingin Jual Organ Tubuh Korban

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Polisi akhirnya mengungkap motif penculikan dan pembunuhan MFS bocah 11 tahun di Makassar.

Ternyata, A (17) tersangka utama penculikan dan pembunuh bocah kelas 5 SD itu, nekat menghabisi korban lantaran terpengaruh konten negatif salah satu situs internet.

Kapolrestabes Makassar Kombes Pol Budhi Haryanto mengatakan tersangka A tergiur dengan harga penjualan organ tubuh manusia di situs tersebut.

"Pergaulan tersangka ini diwarnai dengan hal negatif. Contohnya, tersangka mengkonsumsi konten negatif di internet tentang jual beli organ tubuh," kata Budhi Haryanto kepada awak media saat jumpa pers di Mapolrestabes Makassar, Selasa (10/1/2023).

Tersangka A, kata Budhi, ingin menjual organ tubuh korbannya karena ingin memiliki banyak uang.

"Dari situ, tersangka terpengaruh. Ingin menjadi kaya. Ingin memiliki harta sehingga muncullah niatnya tersangka melakukan pembunuhan. Rencananya, organ dari anak yang dibunuh ini akan dia jual," ungkapnya.

Namun, ia menegaskan, tersangka bukan jaringan penjual organ tubuh. Mereka hanya terjebak dalam situs internet negatif.

"Jadi ini sama sekali tidak ada kaitannya dengan jaringan penjualan organ tubuh. Ini murni kasus pembunuhan," tegasnya.

Lebih lanjut Budhi mengatakan tersangka A melakukan hal tersebut karena terdesak masalah ekonomi. Dia ingin membuktikan kepada orangtuanya jika ia mampu mendapatkan uang.

"Karena motif ekonomi, ingin menunjukkan kepada orang tuanya ia bisa mencari uang sehingga dilakukan hal itu," tandasnya.

Sementara, satu tersangka lainnya yakni F (14) berperan membantu A untuk mencari lokasi pembuangan mayat korban.

"Rekannya F itu ikut serta membantu A, termasuk memasukkan ke dalam kantong plastik dan memberikan ide untuk membuang mayat korban," tutup Budhi.

Laporan : Darsil Yahya