Selama Ramadan, Pembinaan Kerohanian Napi di Sulsel Ditingkatkan

Kadiv Pas Kanwil Kemenkumham Sulsel, Taufuqurrahman - (handover)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Selama Bulan Ramadan Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan melakukan buka puasa bersama ditiap unit pelaksana teknis Rutan dan Lapas se Sulsel.

Dalam rilis yang diterima CELEBESMEDIA.ID, Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Wilayah Sulsel, Taufiqurrahman mengatakan kegiatan buka puasa bersama itu merupakan agenda tahunan yang dikemas dalam bentuk safari amaliah Ramadan.

Selain untuk memperat tali silaturahmi antar pegawai Kanwil Kemenkumham, kegiatan tersebut merupakan agenda tahunan untuk meningkatkan aktivitas keagamaan warga binaan selama Ramadan sebagai salah satu bentuk pembinaan kerohanian.

Selama bulan suci ramadan ini, warga binaan yang beragama muslim diwajibkan untuk mengikuti seluruh rangkaian kegiatan keagamaan yang digelar Rutan dan Lapas sebagai bagian pembentukan mental dan karakter.

“Jadi memang ada kegiatan keagamaan selama bulan Ramadan ini ditingkatkan untuk menambah keimanan para pegawai dan tentu warga binaan. Khusus untuk warga binaan, ya wajib ikut semua agenda keagamaan, mulai dari pesantren kilat, shalat berjamaah, tadarusan, dan kultum,” ungkap Kadiv Pas Kanwil Kemenkumham Sulsel, Taufuqurrahman, Selasa (14/5/2019).

Khusus untuk warga binaan, selama bulan ramadan ini wajib mengikuti pendidikan khusus agama melalui pesantren kilat. Kadivpas Taufiqurrahman berharap serangkaian kegiatan keagamaan yang digelar selama Ramadan bisa meningkatkan keimanan dan ketaqwaan sehingga bisa mejadi bekal saat bebas dari tahanan.

“Ketika bebas, mereka bisa membaur dengan masyarakat dan tidak mengulangi tindakan melanggar hukum,” ujarnya.