Tiba di Makassar, Pengungsi dari Wamena Langsung Cek Kesehatan

Tim medis cek kesehatan pengungsi dari Wamena - (foto by Ariani)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Puluhan pengungsi asal Sulawesi Selatan (Sulsel) yang bermukim di Kabupaten Wamena, Papua Barat, tiba di Landasan Udara (Lanud) Hasanuddin, Maros, Kamis sore (3/10/2019).

Sebanyak 75 orang dikumpulkan dan didata di Asrama Haji Sudiang, sebelum dipulangkan ke kampung halamannya di beberapa daerah di Sulsel.

Hasil pantauan CELEBESMEDIA.ID, sebelum dijemput oleh keluarganya, seluruh pengungsi yang terdiri dari orang dewasa dan anak-anak ini menjalani pemeriksaan medis oleh Tim Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas 1 Makassar.

Kepala Seksi Jaminan Dinas Sosial Kota Makassar, La Heru, mengatakan pemeriksaan kesehatan para pengungsi meliputi Rapid Diagnostic Test, yaitu berupa pemeriksaan darah untuk diagnosa penyakit malaria.

“Jadi, terlebih dahulu kita lakukan pemeriksaan medis. Utamanya adalah periksa darah untuk didiagnosa apakah terjangkit penyakit seperti malaria,” katanya.

Namun pada umumnya, lanjut La Heru, para pengungsi ini hanya mengalami demam serta pusing. Kemungkinan besar karena sudah menempuh perjalanan jauh.

“Tapi setelah diperiksa tidak ada yang terjangkit penyakit bahaya, hanya demam dan pusing, mungkin karena perjalanan jauh lewat jalur udara yang menggunakan pesawat hercules secara cuma-cuma,” pungkasnya.