Ketua TP PKK Makassar Tekankan Pentingnya Jaga Kesehatan Payudara

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Ketua TP PKK Makassar, Indira Jusuf Ismail, membuka program kampanye Pemeriksaan Payudara Sendiri (Sadari) di Puskesmas Kassi-kassi, Jalan Tamalate 1, Kecamatan Rappocini, Selasa (20/12/2022).

Sekitar 50 peserta ikut dalam kegiatan ini. Mereka diberikan pamahan dan edukasi mengenai pentingnya merawat dan mendeteksi dini kanker payudara.

Indira Jusuf Ismail mengatakan kampanye ini merupakan program spesial khusus perempuan menjelang peringatan Gebyar Hari Ibu 2022 Makassar.

"Ini adalah program untuk ibu-ibu, penting sekali menjaga dan memelihara kesehatan kita, kalau program pemerintah jagai anak ta, tapi kalau ibu-ibu jagai dirita," ucapnya.

Dia menekankan kepada seluruh peserta agar menjaga dan memelihara kesehatan khususnya menjaga payudara, karena payudara adalah organ yang sangat penting.

Apalagi, ia mengaku salah satu survivor kanker payudara. Sehingga Indira Jusuf berpesan kepada peserta agar menjaga kesehatan payudaranya.

"Kebetulan saya adalah survivor kanker payudara. Jadi penting ibu-ibu ikuti apa yang disampaikan oleh narasumber jangan sampai ada yang terdekteksi kanker payudara," tukasnya.

Sebab, menurut dia, proses pengobatan dan penyembuhannya jika terkena kanker payudara sangat panjang dan biayanya juga mahal.

"Jadi tolong ibu-ibu perhatikan kampanye ini dan sebarkan ke masyarakat agar ikut menyadari betapa pentingnya deteksi dini," bebernya.

Lebih lanjut, Istri Walikota Makassar Moh Ramdhan Pomanto ini menceritakan bahwa dulunya ia sangat rajin bahkan tiap tahun melakukan check up kesehatan payudara.

Namun ia kurang menjaga pola makan dan kesehatannya sehingga terkena kanker payudara dan langsung di vonis stadium tiga.

"Alhamdulillah saya sudah melewati tahapannya, saya sudah dioperasi, kemo, sinar dan sebagainya dan itu membuat saya trauma. Jadi mohon ibu-ibu jaga baik-baik kesehatannya karena itu tidak gampang dilewati," tuturnya.

Dalam kesempatan itu juga, Indira juga mengajak peserta melakukan tes Inspeksi Visual Asetat (IVA).

"Sama juga dengan test IVA karena mengenai alat reproduksi kita, kalau kita menjaga itu semua ibu-ibu akan terhindar sehingga kita wajib menjaga kesehatan kita," kata dia.

Olehnya itu, ia meminta kepada Dinas Kesehatan (Dinkes) Makassar dan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Makassar agar terus mensosialisasikan program ini dengan baik.

"Karena program ini menjadikan Makassar kota sehat dan sehingga nantinya seluruh warganya adalah warga yang sehat," tandasnya.

Dalam kegiatan ini, turut hadir Wakil Walikota Makassar, Fatmawati Rusdi Masse; Kadis Kesehatan Makassar, Nursaidah Sirajuddin; Kadis DP3A Makassar, Achi Soleman; Asisten 3 Pemkot Makassar, Muh Mario Said; dan Asisten 2 Pemkot Makassar, Rumayani Majid.

Laporan : Darsil Yahya