Cuaca Ekstrem, BMKG Maritim Paotere Imbau Nelayan Tidak Melaut

Irwan Nasution - (foto by Rusmawandi)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Maritim Poetere Makassar memprakirakan potensi cuaca ekstrem di wilayah Sulawesi Selatan, khususnya Kota Makassar untuk tiga hari kedepan.

BMKG Maritim Poetere Makassar mengimbau warga agar tetap waspada, karena adanya indikasi peningkatan curah hujan dan gelombang tinggi.

"Betul, tiga hari kedepan diperkirakan indikasi adanya potensi curah hujan dan gelombang tinggi, mulai hari ini sampai tanggal 20 Januari 2022," ucap Kepala BMKG Maritim Poetere Makassar, Irwan Nasution, saat ditemui di kantornya, Jl Sabutung, Kel. Gusung, Kec. Ujung Tanah, Selasa (18/1/2022).

Kondisi angin di perairan Sulawesi Selatan hingga Selasa pagi (18/1), mencapai kecepatan 8 - 30 Knot bertiup dari barat daya hingga barat laut.

Irwan menjelaskan, tinggi gelombang di Perairan Kepulauan Sabalana, Perairan Pulau Bonerate, dan Teluk Bone mencapai 1,25 hingga 2,5 meter. Sedangkan perairan sekitar selat Makassar Bagian Selatan, Perairan Parepare, Spermonde Pangkep, Spermonde Makassar, Kepulauan Selayar dan Laut Flores mencapai ketinggian 2,5 hingga 4 meter.

"Benar, gelombang tinggi yang terpantau di beberapa perairan dan selat di sekitar wilayah Sulawesi Selatan mencapai 1,25 hingga 2,5 meter dan 2,5 hingga 4 meter," terangnya.

Irwan pun mengimbau nelayan terkait peringatan gelombang yang dikeluarkan oleh BMGK Maritim Poetere Makassar.

"Kami berharap, untuk lebih waspada, terutama bagi nelayan agar tidak melaut untuk sementara waktu," tutupnya.

Laporan: Rusmawandi Rara