Tiba di Makassar, Anak Pengungsi dari Wamena Diberikan Trauma Healing

Relawan menghibur anak pengungsi dari Wamena saat tiba di Makassar / foto: dok FTI UMI

CELEBESMEDIA.ID, Makassar – Gelombang pengungsi asal Wamena kembali tiba Lanud Hasanuddin menggunakan pesawat Hercules milik TNI AU, Jumat (4/10/2019) siang. Pemulangan gelombang kedua ini membawa 50 warga pengungsi Wamena .

Dari 50 orang pengungsi ini, 36 orang di antaranya merupakan warga Sulawesi Selatan sementara 14 diantaranya warga asal Jakarta.

Meski situasi wamena berangsur aman, para warga dari berbagai daerah ini memilih tetap mengungsi. Mereka mengaku masih trauma atas atas insiden kerusuhan yang terjadi di Wamena, Senin (23/9/2019) lalu.

Setibanya di Lanud Hasanuddin, mereka disambut relawan dan diberikan makanan serta menjalani pemeriksaan kesehatan. Sejumlah personil polwan dari Polda Sulsel pun memberikan trauma healing bagi para pengunjung khusunya anak-anak guna menghilangkan rasa trauma.

Mereka diajak bernyanyi dan diberikan mainan, sebelum dipulangkan ke kampung halaman masing-masing.

Total selama sepekan terakhir ini, pesawat Hercules TNI Angkatan Udara telah mengangkut para pengungsi asal Wamena dari Jayapura  ke Lanud Hasanuddin Makassar sebanyak 557 warga. Sebanyak 191 orang merupakan warga Sulsel dan 557 berasal dari daerah lain seperti Surabaya, Malang, dan Jakarta.