Perusda Sulsel Ingin Kelola Perparkiran di Makassar, Ini Kata Pengamat

CELEBESMEDIA.ID, Makassar – Perusahaan Daerah (Perusda) Provinsi Sulsel akan mengelola perparkiran di sejumlah titik strategis di Makassar yang menjadi aset Pemprov Sulsel.

Pengamat Pemerintahan Universitas Hasanuddin (Unhas), Dr Phil Sukri, menilai jika urusan perparkiran adalah urusan wilayah. Karena itu, Wakil Dekan 1 Sospol Unhas ini menyarankan jika Perusda Sulsel akan ikut mengelola perparkiran di Kota Makassar maka harusnya terlebih dahulu membangun koordinasi dengan Pemkot Makassar

“Agar menjadi jelas wilayah yang menjadi domain perparkiran itu, apakah dari Pemkot Makassar atau wilayah Pemrov Sulsel,” katanya.

Menurut Sukri, memperjelas wilayah masing-masing dalam perparkiran ini agar tidak terjadi tumpang tindi antara Perusda Sulsel dengan PD Parkir Makassar.

“Pasalnya, parkir juga merupakan salah satu sumber dana PAD, baik provinsi Sulsel maupun Kota Makassar,” tambahnya.

Ia menambahkan, secara efesiensi pekerjaan, Perusda Sulsel sangat membantu perekonomian Pemrov Sulsel jika mengelola parkir secara profesional. “Jika pengelolaan sama seperti yang lalu, maka pengambilan alih pengelolaan parkir hanya sekedar meninggikan nama baik perusda,” ungkapnya.