Warga Longwis Silves Buat Ekonzim, Ini Manfaatnya

CELEBESMEDIA.ID, Makassar -Warga Lorong Wisata (Longwis) Silves di Jl Pelita Raya Lorong 2, Kelurahan Ballaparang, Kecamatan Rappocini, Kota Makassar membuat ekoenzim.

Ekonzim ini salah satu program khusus sampah anorganik Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Makassar dalam mengembangan Bank Sampah Longwis Silves.

"Ekoenzim memliki banyak manfaat diantaranya bisa sebagai pembersih lantai, sabun cuci piring, desinfektan, bisa jadi pupuk cair, aroma terapi, bahkan bisa mejadi obat luka," ucap Motivator Bank Sampah Longwis Silves, Rosmini Buchari kepada CELEBESMEDIA.ID, Sabtu (26/11/2022).

Rosmini menjelaskan, ekonzim ini adalah larutan kompleks hasil fermentasi dari limbah organik seperti limbah buah dan sayuran dengan gula merah atau molase dan air dengan perbandingan 3 : 1 : 10

"Dari kulit buah dan juga sayuran dan gula serta air kemudian divermentasi selama 3 bulan. Ini tidak ada kadaluarsanya malah semakin lama semakin bagus," jelasnya.

Namun ia mengatakan saat ingin membuat ekonzim ini tidak sarankan menggunakan buah yang berlemak seperti alpukat.

"Pokoknya buah yang ada lemaknya itu seperti alpukat jangan digunakan karena inikan difermentasi jadi tidak bagus," tukasnya.

Tapi jika ingin menambahkan keharuman ekoenzim, ia menyarakan untuk menambahkan serai 

"Inikan difermentasi jadi diminan ada baunya, tapi kalau mau baunya hilang tambahkan serai supaya harum," bebernya.

Rosmini mengaku meski telah memproduksi ekownzin. Namun saat ini masih digunakan khusus warga Longwis Silves belum diperjual belikan atau dipasarkan keluar.

"Insya Allah kita nanti akan produksi banyak karena sudah banyak yang pesan," tandasnya.

Laporan : Darsil Yahya