Begini Evakuasi Korban Kebakaran yang Selamat, Satu Orang Hamil Muda

Petugas Damkar dan warga berusaha memadamkan api dari kebakaran di sebuah ruko di Jalan Titang, Kamis (9/1/2020) sore / foto: dok Damkar Makassar

CELEBESMEDIA.ID, Makassar – Dari 9 orang dalam ruko yang terbakar di Jalan Titang, Kelurahan Barana, Kecamatan Makassar, Kamis (9/1/2020) sore, empat orang berhasil selamat.

Keempat orang ini merupakan pekerja di ruko milik Benny. Sementara lima orang anggota keluarga Benny meninggal dunia dalam kebakaran tersebut.

Korban yang selamat berhasil keluar melalui pintu belakang dan dibantu sejumlah warga. Mereka yang selamat ini dievakuasi melalui tembok belakang Sekolah Dasar (SD) Negeri 2 Bawakaraeng yang memiliki ketinggian kurang lebih 4 meter.

Salah satu korban sempat jatuh pingsan. Wanita berusia hampir 50 tahun itu tak kuasa menahan asap yang menggerogoti saat dirinya masih berada di dalam ruko.

Sementara salah seorang korban yang juga selamat merasakan sakit di bagian perutnya akibat loncat dari ruko. Diketahui wanita tersebut sedang hamil muda.

Kabid Operasional Dinas Damkar Makassr, Hasanuddin, menjelaskan, penemuan korban yang meningal terjadi di beberapa titik. Satu orang dewasa berada dalam kamar mandi, kemudian seorang anak kecil berada di depan kamar mandi, serta 3 orang korban berada dalam kamar tidur.

“Kami kerahkan 14 unit mobil pemadam untuk memadamkan api. Kami harus memecahkan kaca di lantai 2 dari luar untuk bisa masuk ke dalam,” katanya.

Dikatahui para korban yang meninggal akibat terjebak dari gumpalan asap hitam yang menyelimuti seluruh isi ruko yang diketahui digunakan sebagai tempat tinggal dan tempat produksi bantal gabus.

Kebakaran diduga akibat percikan api dari korsleting listrik. Api dengan cepat membesar membakar benda gabus dan furniture di dalam ruko tersebut.