Contoh Modifikasi Batang Pada Tumbuhan

Modifikasi batang pada umbi lapis (Foto: canva)

CELEBESMEDIA.ID: Makassar - Batang tanaman pada umumnya berfungsi untuk menopang tanaman, namun banyak tanaman termodifikasi menjadi fungsi lain misal pada batangnya. Batang dapat memiliki fungsi tambahan, yang berakibat pada bergantinya bentuk (morfologi) dari bentuk dasar menjadi bentuk yang lain. Modifikasi ini umumnya digunakan untuk menyimpan makanan atau reproduksi secara vegetatif. 


Beberapa bentuk modifikasi batang diantaranya:


Geragih (stolon) 

Geragih adalah suatu cabang khusus yang menjalar di permukaan atau di bawah permukaan tanah dengan ruas yang panjang dan pada bukunya lalu muncul tunas daun atau akar.

 

Rimpang (rhizoma) 

Rimpang adalah batang sejati yang merambat mendatar, gemuk, dan berada di permukaan tanah atau di bawah permukaan. Sifat-sifat yang muncul pada modifikasi batang rimpang, seperti beruas-ruas, berbuku-buku, berdaun, tetapi daunnya telah menjelma menjadi sisik-sisik, mempunyai kuncup-kuncup, tumbuhnya ke pusat bumi atau air, kadang-kadang muncul di atas tanah.


Duri (Spina)

Duri merupakan modifikasi dari akar, daun maupun batang yang strukturnya berbentuk kecil yang tajam. Menurut asalnya duri sendiri dibedakan menjadi duri semu dan duri sejati.

 

Umbi (tuber)

Umbi merupakan modifikasi akar maupun batang. Umbi adalah geragih atau rimpang yang membengkak dan biasanya berbentuk bulat, seperti kerucut atau tidak beraturan. Umbi juga berfungsi sebagai tempat menyimpan cadangan makanan sehingga dibedakan menjadi umbi batang dan umbi akar.


Sulur (Cirrhus)

Alat pembelit atau sulur adalah bentuk modifikasi batang, daun maupun akar yang strukturnya seperti pembelit berbentuk spiral. Sulur berfungsi untuk membelit atau melilit benda-benda yang disentuhnya.


Bonggol

Bonggol adalah pangkal batang atau batang bulat pendek yang berada tepat di bawah permukaan tanah. Bonggol yang memiliki fungsi tambahan sebagai tempat cadangan energi disebut sebagai bonggol umbi (cormus).


Umbi lapis (Bulbulus)

Jika batang menjadi pendek dan bentuknya berlapis-lapis yang dikelilingi oleh daun berdaging sebagai penyimpanan cadangan makanan maka struktur ini disebut sebagai umbi lapis. Umbi lapis merupakan modifikasi batang dan daun dengan pertumbuhan secara apikal, contohnya bawang. 

Ada dua jenis bulbulus, yaitu Tunicate bulb dan Nontunicate bulb.

a. Tunicate bulb

Memiliki pembungkus luar yang merupakan modifikasi daun yang bertujuan melindungi umbi lapis dari kerusakan selama penggalian atau terhadap kekeringan jika tidak lagi berada dalam tanah, contoh tulip dan bawang.

b. Nontunicate bulb

Tidak memiliki pembungkus luar seperti pada tunicate bulb sehingga rentan terhadap kerusakan maupun kekeringan oleh karena itu jenis ini harus ditangani secara hati-hati, misalnya pada lilies.


Kuncup

Kuncup merupakan calon tunas, jadi terdiri atas calon daun, calon batang maupun calon bunga. Biasanya kuncup dilindungi oleh rambut-rambut, sisik-sisik, daun penumpu, dan sebagainya agar tidak gugur atau tidak mati sebelum tumbuh.