10 Manfaat Minum Air Hangat untuk Kesehatan yang Sering Diabaikan, Bikin Rileks dan Awet Muda

manfaat minum air hangat (freepik.com/author/tirachardz)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Manfaat minum air hangat bagi kesehatan sangat beragam.

Manfaat minum air hangat dapat membantu memperlancar pencernaan, meredakan hidung tersumbat, dan meningkatkan suasana hati.

Meskipun manfaat positifnya banyak, air hangat mudah didapatkan dan terjangkau. Beberapa manfaat utama meliputi:

1. Membantu Penurunan Berat Badan

Minum air hangat dapat meningkatkan rasa kenyang, membantu mengurangi asupan makanan saat sedang menjalani program diet.

Studi di PubMed juga menunjukkan bahwa beralih dari air dingin ke air panas dapat mendukung penurunan berat badan melalui efek termal, karena tubuh memerlukan energi ekstra untuk menyesuaikan suhu cairan.

2. Meredakan Hidung Tersumbat

Pada kondisi hidung tersumbat, mengonsumsi air hangat dapat membantu melonggarkan saluran hidung. Menghirup uap air hangat sebelum meminumnya dapat memberikan efek maksimal.

3. Baik untuk Pencernaan

Berbeda dengan air dingin, air hangat diketahui mempermudah pencernaan dan proses pengeluaran zat sisa dari tubuh, membantu pergerakan usus dan memperlancar buang air besar, terutama saat diminum saat perut kosong di pagi hari.

4. Meningkatkan Sirkulasi Darah

Konsumsi air hangat dapat meningkatkan sirkulasi darah, membantu mengatasi dehidrasi yang dapat menyebabkan rendahnya volume darah dan tekanan darah rendah. Ini dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

5. Meringankan Gejala Akalasia

Penderita akalasia, kondisi sulit menelan, dapat merasa nyaman dengan mengonsumsi air hangat setelah makan, meskipun mekanismenya belum sepenuhnya jelas.

6. Mengurangi Racun dalam Tubuh

Minum air hangat meningkatkan suhu tubuh dan merangsang keringat, membantu tubuh mengeluarkan racun melalui kulit dan urine, meningkatkan kualitas kulit serta memberikan tampilan wajah yang lebih sehat.

7. Mendukung Kesehatan Gigi

Air hangat dianggap lebih baik untuk gigi dan restorasi, karena lebih mudah diserap dan tidak menyebabkan kontraksi bahan pengisi gigi.

8. Meredakan Nyeri Haid

Air hangat dapat membantu meredakan nyeri haid dengan membuat otot lebih rileks. Mandi air hangat atau kompres hangat juga dapat membantu mengurangi ketegangan otot perut.

9. Membuat Awet Muda

Konsumsi air hangat dapat memperbaiki sel-sel, meningkatkan produksi elastan dan kolagen, serta meningkatkan kualitas kulit, memberikan efek kulit yang lebih lembut, halus, dan bersih.

10. Memperbaiki Mood

Minum air hangat sebelum tidur dapat membantu memperbaiki mood dan merilekskan tubuh, juga dapat disertai dengan kegiatan lain seperti bergerak aktif, mendengarkan musik, atau memasak makanan yang disukai.***