8 Manfaat Minyak Kelapa bagi Tubuh, Mulai dari Mengontrol Nafsu Makan hingga Kesehatan Jantung

Manfaat Minyak Kelapa bagi Tubuh, Mulai dari Mengontrol Nafsu Makan hingga Kesehatan Jantung (foto: freepik.com/author/jcomp)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Minyak kelapa sering digunakan sebagai pengganti minyak goreng dalam memasak karena diyakini dapat menghasilkan makanan yang lebih rendah lemak.

Tidak hanya itu, minyak kelapa juga memiliki sejumlah manfaat lain yang mendukung kesehatan tubuh jika dikonsumsi secara teratur dan tidak berlebihan.

Berkat kandungan nutrisinya, minyak kelapa dapat membantu dalam penurunan berat badan, meningkatkan energi, serta menjaga kesehatan jantung.

Berikut adalah beberapa manfaat minyak kelapa bagi kesehatan:

1. Mengontrol nafsu makan

Mengonsumsi makanan yang dimasak dengan minyak kelapa dapat memberikan efek kenyang lebih lama, sehingga mengurangi asupan kalori dan membantu mengontrol nafsu makan.

2. Menambah energi

Kandungan medium-chain triglycerides (MCTs) dalam minyak kelapa lebih mudah diubah menjadi energi oleh tubuh, sehingga dapat menambah pasokan energi yang diperlukan untuk aktivitas sehari-hari.

3. Menurunkan berat badan

Minyak kelapa mengandung asam lemak rantai sedang (medium-chain fatty acids/MCFA) yang dapat meningkatkan metabolisme tubuh, membakar lemak dengan cepat, dan mengubahnya menjadi energi.

Penggunaan minyak kelapa dalam memasak makanan diet bisa membantu dalam program penurunan berat badan.

4. Mencegah dan mengobati sembelit

Minyak kelapa dapat merangsang gerakan usus menjadi lebih teratur, sehingga membantu melancarkan pencernaan dan mencegah sembelit.

5. Menjaga kesehatan mulut

Teknik oil pulling atau berkumur dengan minyak kelapa dapat membantu membersihkan bakteri di mulut, mencegah bau mulut, plak gigi, dan menjaga kesehatan gusi.

6. Mengurangi kadar lemak jahat

Mengonsumsi minyak kelapa dapat membantu mengurangi kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kolesterol baik (HDL) dalam tubuh, yang baik untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah.

7. Mencegah diabetes

Studi menunjukkan bahwa minyak kelapa dapat menurunkan kadar gula darah, yang dapat membantu mencegah diabetes.

8. Menjaga kesehatan jantung

Kandungan polifenol dalam minyak kelapa dapat membantu mencegah penyakit jantung dengan mencegah aterosklerosis, pengerasan dinding pembuluh darah.

Meskipun memiliki banyak manfaat, penting untuk mengonsumsi minyak kelapa secara bijak dan seimbang sebagai bagian dari gaya hidup sehat secara keseluruhan.***