Manfaat Bawang Hitam dan Efek Sampingnya Bagi Kesehatan

Manfaat Bawang Hitam dan Efek Sampingnya (foto: freepik.com/author/daria-bulgakova)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Black garlic, juga dikenal sebagai bawang hitam, adalah hasil dari fermentasi bawang putih pada suhu dan kelembapan tertentu.

Proses fermentasi ini mengubah kandungan nutrisi bawang putih, memberikan bawang hitam karakteristik yang berbeda, termasuk warna hitam, tekstur yang lebih lembut, kenyal, dan rasa yang lebih manis, mirip dengan asam jawa atau permen karamel yang agak asam.

Banyak yang mengonsumsi bawang hitam mentah atau menggunakannya sebagai bumbu dalam berbagai hidangan seperti pasta, pizza, atau bahkan es krim.

Di samping rasa yang lezat, bawang hitam juga memiliki beragam manfaat kesehatan yang didasarkan pada kandungan nutrisi dan senyawa fitokimia yang dimilikinya.

Berikut adalah ragam manfaat atau khasiat bawang hitam untuk kesehatan:

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Senyawa antioksidan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan melawan radikal bebas, mencegah stres oksidatif, dan mengurangi peradangan. Tubuh yang sehat dapat melawan infeksi dan bakteri penyebab penyakit.

Mengontrol Kadar Gula Darah

Senyawa antioksidan membantu mengatur kadar gula darah, mengurangi risiko diabetes, dan mencegah komplikasi jangka panjang seperti gangguan fungsi ginjal, infeksi kulit, dan penyakit jantung pada penderita diabetes.

Melindungi Organ Hati

Efek antioksidan bawang hitam dapat melindungi hati dari kerusakan sel, mencegah penumpukan lemak, dan mengurangi peradangan.

Ini mendukung fungsi hati dalam menetralisir racun dan menjaga kesehatan sel darah merah.

Menjaga Kesehatan Jantung

Efek antioksidan dan antiinflamasi dari senyawa bioaktif dalam bawang hitam melindungi sel-sel pada sistem kardiovaskular, menekan produksi enzim dan protein yang menyebabkan peradangan, serta menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida.

Hal ini dapat membantu menjaga kesehatan jantung dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Mencegah Penyakit Kanker

Black garlic mengandung senyawa bioaktif yang berpotensi mencegah dan membantu dalam pengobatan kanker, termasuk kanker lambung, usus besar, paru-paru, dan leukemia.

Senyawa tersebut bekerja dengan cara memicu kematian sel kanker, menghambat pertumbuhan tumor, menghentikan siklus pertumbuhan sel, dan merangsang produksi protein yang dapat membunuh sel kanker.

Menjaga Kesehatan Otak

Antioksidan dalam black garlic dapat mengurangi peradangan, membantu meningkatkan fungsi kognitif, termasuk daya ingat, dan melindungi otak dari penyakit yang terkait, seperti demensia, Alzheimer, dan Parkinson.

Meskipun bawang hitam memberikan banyak manfaat, konsumsi berlebihan sebaiknya dihindari karena dapat menyebabkan gangguan pencernaan dan kenaikan asam lambung.

Orang yang mengonsumsi obat antikoagulan sebaiknya membatasi konsumsi bawang hitam untuk menghindari risiko perdarahan.

Jika ada alergi terhadap bawang putih, reaksi serupa dapat terjadi dengan mengonsumsi bawang hitam.

Beberapa reaksi alergi termasuk sindrom iritasi usus besar (IBS), sariawan, radang tenggorokan, kesulitan bernapas, dan mual, dengan anafilaksis sebagai kasus yang jarang terjadi.