Tempat Wisata Kaliurang Paling Rekomended Untuk Healing

Tempat Wisata Kaliurang (Foto: canva)

CELEBESMEDIA.ID - Kaliurang awalnya merupakan station hill, tempat beristirahat dengan hawa pegunungan yang sejuk bagi orang-orang Belanda di Yogyakarta. Hal ini mirip Bogor untuk Batavia, Ungaran bagi Semarang, dan Lembang bagi Bandung.

Satu per satu vila dibangun hingga sekarang ada ratusan vila dan penginapan di Kaliurang. Tempat-tempat wisata juga terus bertambah. Semuanya menjadikan Kaliurang sangat menarik untuk wisata keluarga.


RUTE KE KALIURANG

Bila lewat Jl. Kaliurang, atmosfer wisata akan mulai terasa setelah kampus UII. Atmosfer itu akan semakin menjadi-jadi ketika kita memasuki Kapenawon Pakem. Terlihat puluhan mobil antri untuk memasuki Kopi Klotok yang selalu dipenuhi wisatawan setiap hari. Lalu ada tempat wisata Ledok Sambi dan Agrowisata Bhumi Merapi. Setelah melewati gerbang retribusi, tibalah kita di Kawasan Wisata Kaliurang.


JAM BUKA DAN HARGA TIKET MASUK KALIURANG

Kawasan Wisata Kaliurang buka 24 jam dan harga tiket masuknya hanya Rp4.000 + Rp1.000 untuk sumbangan bulan dana PMI. Namun, ini hanya tiket masuk kawasan. Tempat-tempat wisata di Kaliurang dan sekitarnya memiliki jam buka dan harga tiket masuk masing-masing.


1. Agrowisata Bhumi Merapi

Selain menyajikan wisata edukasi budidaya ternak dan perkebunan, Bhumi Merapi juga sangat populer akan spot-spot foto bertema Santorini, Alpen, dll. Harga tiket masuknya 30 rb saja dan tidak perlu bayar lagi untuk berfoto di spot-spotnya.


2. Merapi Park

Jam Buka Merapi Park
Setiap hari, pk 09.00 - 17.00

Merapi Park memiliki beberapa tempat wisata. The World Landmarks menyajikan spot berfoto dengan miniatur bangunan ikonik di dunia, sedangkan Dino Park baru saja dibuka 3 Mei 2022 lalu. Biaya masuknya terjangkau, hanya 35 rb untuk 4 tempat wisata. 


3. Museum Ullen Sentalu

Jam Buka Ullen Sentalu
Selasa - Minggu: pk 08.30 - 15.15 (Senin tutup)

Ullen Sentalu merupakan sebuah museum seni dan budaya Jawa yang didirikan oleh keluarga Haryono. Museum ini terletak di Kaliurang, dikaki bukit Turgo, Gunung Merapi dan Bukit Plawangan dan memiliki sembilan ruang pamer. Kesembilan ruang pamer tersebut terletak di tiga unsur tempat yakni di permukaan tanah, di dalam tanah dan di atas air.


4. Tlogo Putri Kaliurang

Jam Buka Tlogo Putri
Setiap hari, pk 07.00 - 16.00.

Dahulu Tlogo Putri adalah kolam renang dengan sumber air alami dari Tlogo Muncar. Namun, kolam renang itu sudah tidak berfungsi lagi. Sebagai gantinya, Tlogo Putri sekarang mengacu pada danau buatan di sebelah timurnya. Selain sebagai tempat wisata air, di sini juga ada pertunjukan seni setiap hari Minggu.