Pantai Melasti: Pesona Budaya, Rute dan Harga Tiket Masuk

Pesona Pantai Melasti (foto: .google.com/maps @Silvanus Januar Sabastian)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Pantai Melasti terletak di Desa Ungasan, Kecamatan Kuta Selatan, Badung, Bali, dan merupakan salah satu destinasi wisata terkenal di pulau ini. Pengunjung Pantai Melasti dapat menikmati kecantikan alam dan budaya Bali yang khas.

Pantai ini terhubung dengan lautan lepas dan berdekatan dengan beberapa pantai lain, seperti Pantai Pandawa, Pantai Batu Pageh, dan Pantai Green Bowl, yang juga sangat populer.

Pantai Melasti saat ini lebih mudah diakses karena telah dibangun akses jalan yang melintasi bukit.

Jalan ini beraspal, memudahkan para pengunjung dan warga Bali yang datang untuk melakukan upacara adat di Pantai Melasti.

Sebelumnya, akses ke pantai ini melibatkan turunan melalui ratusan anak tangga.

Pantai Melasti dikenal sebagai salah satu pantai pasir putih terbaik di Bali. Pantai ini cocok untuk liburan keluarga, dengan area teduh yang tersedia untuk bersantai.

Pantai ini juga merupakan tempat diadakannya upacara tradisional Melasti, yang memberi nama pada pantai ini.

Keunikan Pantai Melasti adalah keberadaan tebing kapur yang menjulang. Tebing ini mengapit jalan menuju pantai, memberikan kesan seperti jurang.

Saat air laut surut, terlihat rongga-rongga batu hijau kecil yang menawan. Pemandangan ini semakin menakjubkan ketika dilihat dari ketinggian.

Terkadang, air terjun turun dari tebing, terutama saat musim hujan atau saat pengairan irigasi.

Air terjun yang lembut ini menjadi daya tarik untuk foto-foto dan untuk melihat Pantai Melasti dari sudut yang berbeda.

Selain itu, Pantai Melasti menawarkan keindahan bawah laut yang bagus untuk snorkeling.

Pantai ini juga merupakan tempat yang ideal untuk menikmati matahari terbenam yang memancar ke arah barat dengan tebing-tebing yang menonjol.

Di Pantai Melasti, pengunjung dapat melakukan berbagai aktivitas, termasuk bermain pasir, snorkeling, menonton pertunjukan Tari Kecak di panggung yang tersedia, bermain dengan wahana air, bersantai, dan bahkan melakukan sesi foto prewedding yang menarik dengan latar belakang pemandangan laut yang dikelilingi tebing.

Rute Perjalanan Pantai Melasti

Rute menuju Pantai Melasti dari Bandara Ngurah Rai adalah sekitar 16,7 Km dengan waktu tempuh sekitar 30 menit, melalui Jalan Bypass Ngurah Rai, Garuda Wisnu Kencana, Jalan Pura Batu Pageh, Jalan Melasti, dan Pantai Melasti.

Sedangkan, dari Kota Denpasar, jaraknya sekitar 25 Km dengan waktu tempuh sekitar 39 menit melalui Jalan Imam Bonjol, Jalan Sunset Road, Jalan Bypass Ngurah Rai, Garuda Wisnu Kencana, Jalan Pura Batu Pageh, Jalan Melasti, dan Pantai Melasti.

Harga Tiket Masuk Pantai Melasti

Untuk masuk ke Pantai Melasti, pengunjung akan dikenai biaya tiket sebesar Rp 8.000 untuk dewasa dan Rp 2.000 untuk anak-anak, sementara wisatawan mancanegara akan dikenakan tarif yang berbeda.

Biaya parkir kendaraan pribadi adalah Rp 2.000 untuk sepeda motor, Rp 5.000 untuk mobil, dan Rp 10.000 untuk bus dan truk.