Manfaat Jus Wortel untuk Kesehatan, Mulai dari Mata hingga Jantung

Manfaat Jus Wortel untuk Kesehatan (foto: freepik.com/author/kamranaydinov)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Khasiat jus wortel sangatlah bermanfaat bagi kesehatan tanpa diragukan lagi.

Minuman yang berasal dari sayuran berwarna oranye ini kaya akan nutrisi penting yang sangat baik bagi tubuh.

Berikut adalah beberapa manfaat kesehatan dari jus wortel:

Menjaga Kesehatan Mata

Kandungan karoten dalam bentuk beta karoten, lutein, dan zeaxanthin dalam wortel bermanfaat untuk kesehatan mata.

Lutein dan zeaxanthin membantu melindungi mata dari kerusakan akibat sinar biru, sementara beta karoten memiliki efek antioksidan yang kuat yang dapat mencegah degenerasi makula terkait dengan usia.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Jus wortel kaya akan vitamin A dan C, yang membantu menjaga dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan merangsang produksi antibodi dan sel-sel dalam sistem imun.

Mengurangi Rambut Rontok

Kandungan vitamin A dan C dalam jus wortel baik untuk kesehatan kulit kepala, sehingga dapat mengurangi rambut rontok dan membuat rambut tampak lebih tebal dan kuat.

Menjaga Kesehatan Kulit

Kandungan vitamin C dan beta karoten dalam jus wortel meningkatkan produksi kolagen dan melindungi kulit dari kerusakan sinar UV dan radikal bebas, sehingga menjaga kulit tetap segar dan sehat.

Mengontrol Kadar Gula Darah

Jus wortel memiliki indeks glikemik rendah, sehingga tidak secara drastis meningkatkan kadar gula darah. Ini bermanfaat terutama bagi penderita diabetes.

Mengurangi Risiko Kanker

Beta karoten dalam jus wortel diyakini dapat membantu mengurangi risiko beberapa jenis kanker seperti leukemia dan kanker usus besar, meskipun perlu penelitian lebih lanjut untuk memverifikasinya.

Menjaga Organ Hati

Beberapa penelitian pada hewan menunjukkan bahwa karoten dalam wortel memiliki efek antiperadangan yang melindungi hati dari penyakit tertentu, tetapi diperlukan penelitian lebih lanjut pada manusia untuk memverifikasinya.

Menjaga Kesehatan Jantung

Kalium dan antioksidan dalam jus wortel berperan dalam mengatur tekanan darah dan menurunkan kadar kolesterol, yang bermanfaat untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah.***