Ini 9 Manfaat Vitamin B1 atau Tiamin untuk Kesehatan Otak, Jantung hingga Melawan Depresi

Manfaat Vitamin B1 atau Tiamin untuk Kesehatan Otak (foto: freepik.com)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Tubuh membutuhkan sejumlah vitamin berbeda untuk mendukung kesehatan organ-organ di dalamnya, termasuk vitamin B1 atau tiamin yang dikenal baik untuk mengubah karbohidrat menjadi energi.

Vitamin B1 memegang peran penting dalam metabolisme glukosa serta berfungsi vital dalam kesehatan saraf, otot, dan jantung.

Vitamin ini juga larut dalam air dan kelebihannya akan diekskresikan melalui urin.

Manfaat vitamin B1 bagi kesehatan tubuh meliputi:

1. Meningkatkan Produksi Energi

Vitamin B1 berperan dalam metabolisme energi, sintesis DNA, transportasi oksigen, dan fungsi saraf, yang penting untuk fungsi otak dan otot.

Kekurangan vitamin B1 dapat menyebabkan kelelahan mental dan fisik serta gangguan kognitif.

2. Meningkatkan Daya Ingat

Tiamin dapat meningkatkan konsentrasi dan daya ingat karena efek positifnya pada fungsi otak.

3. Mengurangi Efek Sepsis

Pemberian tiamin, atau vitamin B1, dapat membantu mengatasi sepsis dengan mengurangi konsentrasi laktat pada pasien yang sakit kritis, serta bermanfaat bagi pasien dengan syok septik.

4. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Vitamin B1 memperkuat sistem kekebalan tubuh, membantu menjaga tonus otot di saluran pencernaan, dan meningkatkan penyerapan nutrisi.

5. Menjaga Sistem Metabolisme

Sehat Vitamin B1 diperlukan untuk menghasilkan ATP, molekul pembawa energi utama tubuh, serta untuk konversi karbohidrat menjadi glukosa dan memecah protein dan lemak.

6. Aman untuk Penderita Diabetes

Mengonsumsi lebih banyak tiamin dapat membantu meningkatkan gula darah dan kadar insulin pada penderita diabetes, serta mengurangi tekanan darah tinggi dan komplikasi jantung.

7. Mencegah Penyakit Jantung

Vitamin B1 membantu produksi asetilkolin yang penting untuk fungsi jantung. Kekurangan vitamin B1 dapat menyebabkan disfungsi jantung.

8. Melindungi Otak

iamin membantu menjembatani koneksi otak-tubuh, melindungi selubung mielin saraf, serta dapat melawan kerusakan otak seperti Sindrom Cerebellar.

9. Membantu Melawan Depresi

Suplemen vitamin B1 bersama dengan antidepresan efektif dalam mencegah dan meredakan gejala depresi.

Kekurangan vitamin B1 dapat menyebabkan penurunan mood dan suasana hati.

Menyediakan tubuh dengan cukup vitamin B1 dapat mendukung berbagai fungsi vital dan menjaga kesehatan secara keseluruhan.***