10 Manfaat Biji Pepaya untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Biji Pepaya untuk Kesehatan (freepik.com)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Biji pepaya dikenal kaya nutrisi dan memiliki manfaat untuk kesehatan dan kecantikan, tak kalah dari daging buahnya.

Biji pepaya sering dikonsumsi dalam bentuk bubuk untuk meningkatkan rasa makanan atau minuman.

Zat polifenol dan flavonoid yang terkandung dalam biji pepaya berperan sebagai antioksidan, membantu melawan radikal bebas penyebab penyakit, dan mencegah penyakit kronis.

Biji pepaya juga mengandung asam lemak tak jenuh tunggal, terutama asam oleat, yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Kandungan seratnya membantu mengurangi tekanan darah, menurunkan kadar kolesterol, dan mengurangi risiko penyakit jantung, stroke, diabetes, dan obesitas.

Manfaat biji pepaya meliputi:

1. Melawan Infeksi: Biji pepaya dapat menghancurkan jamur dan parasit tertentu yang menyebabkan infeksi pada tubuh, serta membantu membersihkan parasit di usus.

2. Menjaga Kesehatan Saluran Pencernaan: Biji pepaya membantu melancarkan sistem pencernaan, meredakan gejala wasir, dan mencegah pembentukan tukak usus.

3. Melindungi Fungsi Ginjal: Konsumsi biji pepaya secara rutin dapat membantu melindungi fungsi ginjal dari kerusakan dengan kandungan antioksidannya.

4. Mencegah Obesitas: Kandungan seratnya membantu melancarkan sistem pencernaan dan mengatur tekanan darah, mencegah lemak berlebih atau obesitas.

5. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh: Kandungan vitamin C dalam biji pepaya membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, melindungi dari penyakit dan infeksi.

6. Menurunkan Risiko Penyakit Kanker: Nutrisi dan antioksidan di dalam biji pepaya dipercaya dapat mencegah perkembangan sel kanker dalam tubuh.

7. Menurunkan Risiko Penyakit Alzheimer: Senyawa baik dalam biji pepaya dapat menurunkan risiko penyakit Alzheimer dengan menangkal efek stres oksidatif.

8. Membantu Menjaga Kesehatan Mata: Kandungan vitamin C, vitamin E, dan nutrisi penting lainnya melindungi kesehatan mata dan mencegah penyakit mata.

9. Meningkatkan Kesuburan: Biji pepaya dapat meningkatkan produksi sperma pada pria dan membantu produksi serta peningkatan kualitas sel telur pada wanita.

10. Mengatasi Jerawat: Biji pepaya, bersama dengan daun pepaya, dapat membantu mengatasi jerawat dan memperbaiki jaringan kulit yang terkena jerawat.