10 Manfaat Bayam Brazil Tidak Hanya Mengobati Penyakit Kronis, Tapi Juga Baik utuk Ibu Hamil

Manfaat Bayam Brazil (foto: alodokter.com)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Bayam Brazil adalah jenis sayuran hijau dengan nama ilmiah Alternanthera sisso. Daunnya berbentuk hati dengan sedikit kerutan dan sedikit mengkilap.

Tumbuhan ini biasanya tumbuh baik di lingkungan lembab yang kaya air. Bayam Brazil sering digunakan sebagai bahan dalam salad.

Manfaat Bayam Brazil:

1. Menjaga Kesehatan Mata

Kandungan lutein, zeaxanthin, dan vitamin A dalam bayam Brazil baik untuk kesehatan mata, membantu mengurangi risiko degenerasi makula dan katarak.

2. Pilihan Diet Sehat

Bayam Brazil rendah kalori dan tinggi nutrisi, serta kaya serat, sehingga dapat membantu dalam program penurunan berat badan.

3. Mencegah Anemia

Bayam Brazil kaya akan zat besi, yang penting untuk pembentukan hemoglobin.

Hemoglobin membawa oksigen ke seluruh tubuh, dan kekurangan zat besi dapat menyebabkan anemia.

4. Sumber Antioksidan

Senyawa flavonoid dalam ekstrak bayam Brazil memiliki sifat antioksidan, yang membantu melawan radikal bebas dan stres oksidatif yang dapat menyebabkan penyakit seperti penyakit jantung dan diabetes.

5. Potensial Mengobati Kanker

Ekstrak bayam Brazil telah menunjukkan kemampuan dalam penelitian untuk menghambat pertumbuhan sel kanker dan merangsang apoptosis, yaitu kematian sel kanker.

6. Mengurangi Risiko Osteoporosis

Kalsium dan kalium dalam bayam Brazil membantu menjaga kepadatan tulang dan mencegah osteoporosis.

7. Memelihara Kesehatan Jantung

Nitrat dalam bayam Brazil dapat membantu mengendurkan pembuluh darah arteri, menurunkan tekanan darah, dan menekan risiko penyakit jantung.

8. Baik untuk Penderita Diabetes

Kandungan kalium dapat membantu dalam produksi insulin, yang penting untuk mengatur gula darah.

9. Meningkatkan Fungsi Otak

Antioksidan dalam bayam dapat membantu menekan risiko penyakit Alzheimer, dan nutrisi seperti vitamin K dan folat membantu menjaga fungsi otak.

10. Baik untuk Ibu Hamil

Bayam Brazil kaya akan nutrisi penting seperti asam folat dan zat besi, yang penting untuk perkembangan janin dan mencegah anemia pada ibu hamil.***