Apa yang Dimaksud dengan Diferensiasi Sel?

Diferensiasi Sel (foto: freepik.com/author/brgfx)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Setiap sel dalam makhluk hidup mengalami berbagai proses pertumbuhan dan perkembangan, salah satunya adalah diferensiasi sel.

Namun, apa sebenarnya yang dimaksud dengan diferensiasi sel? Mari kita bahas penjelasannya!

Diferensiasi sel adalah proses maturasi sel di mana suatu sel mengalami perkembangan menjadi jenis sel yang memiliki fungsi dan peran tertentu.

Proses ini mengubah sel baru yang mampu melaksanakan berbagai tugas menjadi sel khusus dengan fungsi yang spesifik.

Menurut Biology Online, perubahan drastis terjadi dalam ukuran sel, bentuk, polaritas, metabolisme, dan respons terhadap sinyal, mengakibatkan sel menjadi terspesialisasi dan memiliki peran yang khusus dalam tubuh makhluk hidup.

Perubahan ini disebabkan oleh perubahan fenotip sel. Hanya gen-gen tertentu yang diekspresikan dalam proses diferensiasi sel.

Proses ini sangat tergantung pada faktor transkripsi yang terdapat dalam inti sel.

Dalam Biology Dictionary, dijelaskan bahwa hormon dan bahan kimia lainnya mempengaruhi aktivitas di sekitar DNA untuk menentukan gen mana yang akan ditranskripsi dan mana yang akan diabaikan.

Sehingga, sel hanya akan menjalankan fungsi tertentu dalam tubuh dan tidak mengekspresikan gen lain yang tidak terkait dengan fungsi tersebut.

Selain itu, sel yang telah mengalami diferensiasi akan kehilangan kemampuan untuk membuat salinan baru dari dirinya sendiri, seperti dilansir oleh BBC.

Contoh konkret dari diferensiasi sel adalah yang terjadi pada sel punca dalam tubuh manusia.

Sebagai contoh, sel punca embrionik berdiferensiasi menjadi berbagai jenis sel khusus seperti sel pembentuk paru-paru, pankreas, jantung, sel darah merah, sel kulit, dan bahkan sel neuron yang membentuk sistem saraf manusia.***