Jenis Tumbuhan Obat Ternak Kesayangan

Tumbuhan Obat (Foto: canva)

CELEBESMEDIA.ID: Makassar - Penggunaan tanaman tradisional bisa ditemukan baik sebagai suplemen pakan ternak, maupun sebagai bagian dari obat-obatan hewan. Contohnya jahe, kencur, kunyit, temulawak, lidah buaya, daun beluntas, bawang putih, dan sebagainya. Berkat inovasi para peternak, terbukti bahwa beragam tanaman obat tersebut bukan hanya bisa dikonsumsi oleh manusia, tapi juga hewan ternak

Tanaman obat dapat diolah menjadi jamu ternak dan bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan dan fertilitas sapi, serta dapat mengurangi pemakaian hormon.

Tanaman obat yang bersifat afrodisiak atau sebagai peningkat stamina seperti pasak bumi, purwoceng, cabe jawa, dan ginseng. Tanaman afrodisiak mengandung senyawa aktif turunan saponin, alkaloid, tannin, dan senyawa lain yang berkhasiat sebagai penguat tubuh serta memperlancar peredaran darah.

Tanaman obat bahan baku jamu dapat diolah menjadi jamu ternak dalam bentuk serbuk jamu ternak sapi dan aplikasi fertilitas formula jamu ke sapi jantan dan betina.

Jamu ternak bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan ternak, nafsu makan, pertumbuhan dan produktivitas optimal, kesuburan, mengendalikan penyakit secara tidak langsung serta dapat mengurangi bau kotoran di sekitar kandang.