Apa Itu AKG pada Suatu Produk Makanan dan Begini Cara Membacanya

AKG pada Suatu Produk Makanan dan Begini Cara Membacanya (foto: Getty Images)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Angka Kecukupan Gizi (AKG) adalah nilai yang menetapkan jumlah zat gizi yang diperlukan oleh tubuh serta jenis zat apa yang dibutuhkan untuk kesehatan.

AKG merupakan nilai harian dari kebutuhan rata-rata zat gizi tertentu yang disesuaikan dengan usia, jenis kelamin, tingkat aktivitas, dan kondisi fisik seseorang untuk hidup sehat.

Pentingnya AKG terletak dalam keberlangsungan hidup, yang membutuhkan ilmu untuk menghitungnya dengan tepat.

Secara individu, AKG berperan sebagai pedoman dalam memenuhi kebutuhan gizi harian agar tetap sehat, sementara secara kolektif, AKG memiliki peran vital dalam sektor kesehatan, pangan, dan ekonomi negara.

Konsep kecukupan energi untuk populasi adalah nilai rata-rata kebutuhan, sedangkan untuk protein dan zat gizi lainnya, nilai tersebut adalah rata-rata kebutuhan ditambah dengan dua kali simpangan baku (2 SD).

Pada label produk, AKG diungkapkan dalam bentuk persentase (%) yang menunjukkan seberapa banyak produk tersebut menyumbang terhadap asupan gizi harian.

Membaca label makanan, termasuk AKG, penting karena memberikan informasi tentang kandungan zat gizi dalam produk tersebut dan apakah jumlahnya mencukupi kebutuhan harian, termasuk untuk anak-anak.

Misalnya, pada label tertulis takaran saji 3 sendok makan dan 8% Lemak Jenuh, yang berarti konsumsi 3 sendok makan produk tersebut memenuhi 8% dari kebutuhan harian Lemak Jenuh.***