Apa itu Bilangan Prima dan Sifat - Sifatnya ?

Bilangan Prima (pixabay.com)

Bilangan prima adalah bilangan asli yang lebih besar dari 1 dan hanya memiliki 2 faktor positif, yaitu 1 dan bilangan itu sendiri. Dengan kata lain, bilangan prima tidak dapat dibagi dengan bilangan lain kecuali 1 dan dirinya sendiri. Contoh bilangan prima antara lain 2, 3, 5, 7, 11, 13, dan seterusnya. Bilangan yang bukan prima disebut sebagai bilangan komposit.

Berikut ini adalah beberapa sifat-sifat bilangan prima:

1. Bilangan prima lebih besar dari 1
Bilangan prima tidak termasuk bilangan 1 karena hanya memiliki satu faktor. Bilangan 1 dapat dibagi oleh bilangan apa pun kecuali bilangan 0.

2. Bilangan prima hanya dapat dibagi oleh 1 dan dirinya sendiri
Contohnya, bilangan prima 5 hanya bisa dibagi oleh 1 dan 5. Tidak ada bilangan lain yang dapat membagi bilangan prima 5.

3. Bilangan prima lebih banyak pada bilangan kecil
Semakin kecil bilangan, semakin banyak bilangan primanya. Contohnya, pada bilangan 10 terdapat 4 bilangan prima (yaitu 2, 3, 5, dan 7), sedangkan pada bilangan 100 terdapat 25 bilangan prima.

4. Setiap bilangan yang lebih besar dari 5 dan diakhiri dengan angka 5 atau 0 bukan prima
Contohnya, bilangan 25 dan 30 bukan bilangan prima.

5. Setiap bilangan prima, kecuali 2, merupakan bilangan ganjil
Karena bilangan genap selalu dapat dibagi oleh 2, maka bilangan prima selalu ganjil kecuali bilangan prima 2.

6. Bilangan prima relatif jarang pada bilangan acak yang sangat besar
Semakin besar bilangan yang diuji, semakin jarang bilangan tersebut merupakan bilangan prima. Oleh karena itu, penemuan bilangan prima yang sangat besar memerlukan waktu dan tenaga yang besar menggunakan teknik khusus seperti kriptografi.