Solihin GP Tutup Usia, JK Sampaikan Duka Cita

CELEBESMEDIA.ID, Bandung - Wakil Presiden RI ke-10 dan 12, Jusuf Kalla (JK) menyampaikan ucapan duka cita mendalam atas meninggalnya mantan Gubernur Jawa Barat periode 1970-1975, Solihin GP.

Hal tersebut diungkapkan JK saat melayat almarhum yang disemayamkan di Makodam III/Siliwangi, jalan Aceh, Kota Bandung, Selasa (5/3/2024).

“Innalillahi Wainnailaihi Rajiun. Kita semua berduka atas berpulangnya ke rahmatullah, Almarhum Bapak Solihin GP, hari ini,” kata JK.

JK menambahkan, sosok Solihin GP merupakan salah satu pejuang bangsa ini. Bahkan memiliki sejarah yang luar biasa bagi masyarakat Sulawesi Selatan saat pemberontakan DI/TII tahun 60-an silam.

“Beliau adalah pejuang bangsa, khususnya rakyat Sulsel, bersama-sama dengan almarhum Jenderal M. Yusuf, Pak Solihin adalah tokoh yang memberikan keamanan setelah pemberontakan DITII di Makassar dan selesai tahun 1964,” tambah Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia tersebut.

“Merekalah yang memberi rasa aman dan mengamankan Sulawesi Selatan,” Imbuhnya.

Di mata JK, Solihin GP juga sukses bekerja di pemerintahan saat menjabat sebagai Gubernur Jawa Barat serta sukses mengatur pemulihan bangsa ini.

“Beliau telah memberikan jasa-jasa yang luar biasa bagi bangsa ini,” ujar Ketua PMI Pusat tersebut.

Olehnya itu, JK mengajak seluruh masyarakat di Indonesia untuk mendoakan almarhum.

“Semoga arwah beliau dapat ditempatkan di sisi Allah SWT yang tinggi atas segala amal ibadahnya,” tutup JK.