Bulog Datangkan Daging Impor Antisipasi Kenaikan Harga di Makassar

Ilustrasi - (foto by Pexels)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Mengantisipasi kenaikan harga daging lokal di Sulawesi Selatan jelang Ramadhan, Badan Urusan Logistik (Bulog) Sulawesi Selatan dan Barat mendatang sekitar 50 ton daging impor untuk tahap pertama.

Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Bulog Sulselbar, Bakhtiar AS menjelaskan proses pengiriman daging impor sudah mulai. Rencananya, pekan depan sudah tiba di Makassar.

"Selama ini memang yang kita suplai adalah daging frozen eks impor yang didatangkan dari luar negeri, dan itu biasa memang kita lakukan dalam rangka untuk penetrasi pasar menghindari lonjakan yang signifikan, nah itu biasa kita jual hanya dengan harga Rp 80 ribu perkilogramnya," ujar Bakhtiar, Jumat (11/3/2022).

Harga daging di sejumlah pasar mengalami kenaikan apalagi menjelang  bulan puasa, permintaan daging cukup banyak sedangkan ketersediaan berkurang. namun sampai saat ini harga daging belum naik secara signifikan, dan masih terbilang normal dikisaran Rp120 ribu perkilogramnya.

"Kami dari Bulog sendiri dengan kegiatan perencanaan untuk mendatangkan daging frozen itu sebagai alternatif nanti menjual kepada masyarakat supaya memperoleh dengan harga terjangkau,” tuturnya.

Untuk pendistribusian, lanjut Bakhtiar, ia menunggu informasi dari informan wilayah mana yang membutuhkan stok daging.

"Mungkin nanti akan ada beberapa wilayah yang menjadi titik fokus kita, seperti di kota Makassar, Parepare, Palopo, mungkin juga akan di support sampai di kota Mamuju. Terkait dengan titik mana yang menjadi konsentrasi kita, dari informasi di lapangan memang belum ada permintaan signifikan," jelasnya.

"Bulog hanya sebagai penetrasi pasar langkah-langkah untuk memberikan pilihan kepada masyarakat, artinya jika daging lokal ini mahal masyarakat ada pilihan untuk membeli yaitu daging impor Bulog," tutupnya

Laporan: Ardi Jaho