Harga Cabai dan Rempah Naik Jelang Idul Adha

Aktivitas jual beli di Pasar Terong Makassar, Selasa (27/6) - (foto by Ardi Jaho)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Dua hari jelang Idul Adha 1444 Hijriyah harga cabai dan rempah di sejumlah pasar tradisional Makassar masih terjadi kenaikan.

Seperti di Pasar Terong Makassar, cabai besar yang sebelumnya dijual Rp25 ribu saat ini naik menjadi Rp30 ribu per kilo. Sedangkan untuk cabai kecil dari Rp20 ribu naik menjadi Rp25 ribu/Kg.

Begitupun harga rempah-rempah lainnya seperti lengkuas dari harga Rp12 ribu jadi Rp15 ribu/Kg. Bawang merah dari Rp20 ribu jadi Rp23 ribu, untuk bawang putih dari Rp32 ribu naik jadi Rp35 ribu/Kg.

Salah satu pedagang, Andi Normalasari mengatakan kenaikan harga bahan pokok tersebut telah terjadi beberapa pekan, meski tidak signifikan.

"Harga rempah-rempah disini mengalami kenaikan dengan kisaran Rp2 ribu hingga 5 ribu rupiah," ucapnya kepada CELEBESMEDIA.ID, Selasa (27/6/2023).

Meski begitu, Normalasari mengaku jelang Idul Adha 1444 H tingkat pembeli yang ada di Pasar Terong sangat meningkat.

"Tingkat pembeli jelang Idul Adha begitu tinggi," bebernya.

Sementara itu pantauan CELEBESMEDIA.ID di Pasar Pa'baeng-baeng Makassar, harga beras, ayam potong, maupun telur juga naik.

Saat ini harga beras dijual mulai dari Rp10 ribu hingga Rp12 ribu per liter tergantung kualitas, sedangkan telur ayam dijual hingga mencapai Rp53 ribu per rak, serta ayam potong dijual hingga Rp35 ribu/Kg.

Laporan: Ardi Jaho